Kelompok Cipayung Apresiasi Kinerja KPU Kediri

Yovie Wicaksono - 15 May 2019
Kelompok Cipayung Memberikan Piagam Sebagai Bentuk Apresiasi Kinerja KPU Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Tiga Organisasi Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Kediri Raya,  Selasa (14/5/2019) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur.

Kelompok Cipayung ini, didalamnya tergabung tiga organisasi mahasiswa diantaranya  HMI (himpunan mahasiswa islam) GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) dan PMII (pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

Mereka yang mengklaim berjumlah puluhan ini, datang untuk memberikan dukungan moral terhadap kinerja lembaga independen tersebut, sebagai penyelenggara Pemilu 2019.

Begitu tiba di kantor KPU Kota Kediri di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Mojoroto, mereka langsung ditemui oleh sejumlah anggota Komisioner termasuk ketua KPU Agus Rofik di ruang tamu dengan pengawalan aparat Kepolisian.

Secara simbolis mereka kemudian memberikan sebuah benda berbentuk piagam, sebagai simbolisasi bentuk dukungan terhadap kinerja KPU selaku lembaga penyelenggara Pemilu.

Salah satu perwakilan organisasi mahasiswa, Tegar Parasuara mengatakan, tujuan kedatangannya ke kantor KPU untuk memberikan dukungan moril sekaligus mendorong adanya perubahan yang lebih mutakhir di Undang Undang nomor 7 tahun 2017.

“Menyikapi adanya suatu politik peristiwa besar di Pemilu 2019 ini, mungkin di kemudian hari upaya berikutnya bisa masuk ke DPR untuk mengevaluasi UU nomor 7 tahun 2017,” ujarnya.

Selain itu, kelompok Cipayung Kediri Raya ini mengeluarkan pernyataan sikap yang terdiri dari lima  point. Diantaranya mendukung selalu KPU, Bawaslu, TNI dan Polri dalam melaksanakan dan mengawal Proses Pemilu tahun 2019.

Mendorong segala permasalahan diselesaikan secara hukum sesuai dengan nilai-nilai dari konstitusional NKRI, menolak segala bentuk politisasi yang mengiris-ngiris nilai kehidupan dan kemanusiaan. Mendorong DPR terpilih untuk melakukan evaluasi terhadap UU no 7 tahun 2017.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik mengatakan, jika kedatangan kelompok Cipayung ke kantor sebatas untuk memberikan dukungan terhadap kinerja penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu serta Aparat TNI Polri yang turut menjaga stabilitas selama pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.