KBRI Ankara Imbau WNI di Turki Terkait Covid-19

Yovie Wicaksono - 5 March 2020
Ilustrasi Virus Corona. Foto : (MgIt03)

SR, Turki – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Ankara) mengimbau bagi seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Turki untuk mencegah penularan Covid-19, meskipun hingga saat ini Pemerintah Turki belum mengumumkan adanya kasus positif Covid-19 di Turki. 

Koordinator Fungsi Konsuler yang juga Ketua Satgas Perlindungan WNI KBRI Ankara, Harliyanto mengatakan imbauan tersebut disampaikan melalui seluruh media sosial (medsos) KBRI Ankara dan kelompok-kelompok masyarakat Indonesia di wilayah Turki. 

“Kami meminta agar WNI tidak panik dan tetap tenang menjalani kegiatan sehari-hari, namun tetap waspada dengan melakukan upaya-upaya pencegahan sesuai dengan informasi yang tersedia dari sumber-sumber,” ujarnya.

Selain menyampaikan imbauan, di laman-laman medsos KBRI Ankara, juga disampaikan informasi resmi mengenai Covid-19 dan cara mencegahnya, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Turki. 

Harliyanto mengatakan, Turki adalah salah satu negara tujuan wisata utama. Tahun lalu sekitar 48 juta wisatawan asing mengunjungi Turki. Banyak WNI yang tinggal di daerah tujuan wisata utama di Turki seperti Istanbul, Bursa, Izmir, Ankara, Kayseri dan lainnya. 

Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat sekitar 3300 WNI yang tinggal di Turki. Sebagian besar WNI di Turki adalah mahasiswa dan pelajar, sekitar seribu orang adalah Spa Therapist dan sisanya adalah WNI yang menikah dengan warga negara Turki. 

“Karena itu kita perlu pastikan mereka bisa menjaga diri sembari tetap tenang menjalani tugas sehari-hari,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.