Karolin: Ibu Garda Terdepan Pendidikan Keluarga saat Pandemi Covid-19

Yovie Wicaksono - 21 December 2020
Ilustrasi. Foto: (shutterstock)

SR, Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa mengatakan, tugas dan tanggungjawab seorang ibu semakin besar dan kompleks di tengah pandemi Covid-19.

Tidak seperti sebelumnya pada masa normal, di era pandemi Covid-19, peran dan tanggungjawab Ibu sebagai garda terdepan pendidikan keluarga menghadapi berbagai tantangan yang semakin besar. Terlebih di tengah arus informasi yang cepat dan masif akibat  kemajuan teknologi informasi yang dipicu oleh revolusi industri 4.0.

Oleh sebab itu, pada momentum Hari Ibu tahun ini, ia mengatakan, PP Pemuda Katolik memandang penting dan perlunya merefleksikan peran Ibu sebagai garda terdepan pendidikan keluarga-keluarga di Indonesia.

“Keberadaan ibu menjadi semakin  sentral dalam mengatur dan mengendalikan berbagai aktivitas keluarga dan pendidikan nilai bagi anak-anak di masa sulit akibat pandemi Covid-19,” ujar Karolin, Senin (21/12/2020).

Dalam kondisi normal, jelas Karolin, seorang ibu umumnya mengerjakan dan mengatur berbagai kebutuhan rumah tangga, mengurus dan merawat anak-anak berkaitan dengan kebutuhan akan gizi, sekolah, dan bermain. Seorang ibu juga mengemban tanggungjawab mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai yang baik kepada anak.

Namun, di masa abnormal akibat pandemi Covid-19, tugas dan tanggungjawab seorang ibu bertambah, yaitu memastikan seluruh anggota keluarganya dalam kondisi sehat, aman dan nyaman. Pada saat yang sama, ibu juga dituntut untuk mampu mengontrol dan mengendalikan penggunaan internet oleh anak-anak agar tidak terjerumus pada konten-konten yang negatif dan menyesatkan.

“Situasi pandemi Covid-19 saat ini menjadikan ibu semakin bertambah bebannya untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi untuk tetap mempertahankan kelangsungan hidup keluarga. Di satu sisi, mungkin ekonomi keluarga terganggu akibat terkena dampak krisis ekonomi. Di sisi lain, harus mendampingi proses belajar online anak-anak akibat kebijakan learning from home. Ini tidak mudah karena selain harus memahami pelajaran, ibu juga harus kreatif agar anak-anak bisa enjoy dan tidak stress karena ‘terkurung’ di rumah selama hampir satu tahun,” ujar Karolin yang saat ini menjabat Bupati Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Sementara itu, dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2020, Lembaga Pengkajian Publik Pemuda Katolik menggelar webinar nasional yang mengusung tema “Ibu Sebagai Garda Terdepan Pendidikan Keluarga Saat Pandemi Covid-19” melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (22/12/2020), mulai 19.00 – 21.30 WIB.

Menurut panitia penyelenggara webinar nasional, Frederikus Lusti Tulis, tema webinar nasional ini erat kaitannya dengan tema Hari Ibu Nasional Tahun 2020, yaitu “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

“Tema nasional itu menegaskan sekali lagi betapa perempuan menjadi faktor kunci kemajuan bangsa. Lewat webinar ini, kita secara khusus diajak untuk merenungkan tugas mulia ibu mendidik anak-anak dalam keluarga di masa sulit akibat pandemi Covid-19. Sebab, kualitas  pendidikan dalam keluarga akan menentukan kualitas bangsa di masa depan,” ujar Frederikus yang juga Ketua Lembaga Kebijakan Publik Pengurus Pemuda Katolik.

Frederikus  menjelaskan, webinar nasional ini akan menghadirkan sejumlah tokoh perempuan level nasional, diantaranya adalah Ketua DPR RI Doktor (HC) Puan Maharani yang didaulat sebagai keynote speaker.

Kemudian tokoh perempuan lainnya yang diundang sebagai pembicara ialah Lestari Moerdijat (Wakil Ketua MPR RI), My Esti Wijayati (anggota DPR RI Fraksi PDIP), Nurul Arifin (anggota DPR RI Fraksi Golkar), dan Justina Rostiawati (Ketua Umum Wanita Katolik RI) dan dimoderatori oleh Agatha Retnosari, Ketua Pemuda Katolik Komda Jatim yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim.

“Kami mengundang para tokoh perempuan level nasional yang aktif di berbagai bidang itu dengan harapan mereka bisa membagi pengalaman, terutama bagaimana mereka menjalankan peran mendidik keluarga di tengah kesibukan mereka meniti karir hingga ke level nasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, webinar  akan diikuti oleh semua organisasi, LSM, Aktivis Perempuan, organisasi Katolik dan  32 pengurus Komda (Provinsi), Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Pastor Moderator dan Peninjau Pemuda Katolik.

“Kegiatan ini juga akan disiarkan melalui  Zoom dan siaran langsung HIDUPTV,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.