Kampung Dolanan Semampir, Ajak Anak Bermain Ketangkasan Tradisional 

Yovie Wicaksono - 19 October 2019
Permainan tradisional egrang di Kampung Dolanan Semampir, Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Warga Kelurahan Semampir, Kota Kediri, memiliki cara tersendiri untuk mengatasi permasalahan anak tentang  ketergantungan pada gadget. Salah satu solusinya, yakni mengajak anak-anak mereka ikut berpartisipasi dalam permainan ketangkasan tradisional.

Hal itulah yang melatarbelakangi para orang tua, untuk kemudian memberi nama kampung mereka dengan sebutan Kampung Dolanan Semampir.

“Memang tujuan kami mendirikan Kampung Dolanan Semampir untuk mengurangi anak-anak bermain gadget. Kami ajak mereka main diluar, dengan permainan tradisional,” ujar Ketua Pengelola, Ranti Hariani, Sabtu (19/10/2019).

Permainan ketangkasan tradisional yang dimainkan diantaranya karambol, egrang, gerabah peralatan memasak terbuat dari tanah liat, ular tangga, klompen raksasa, holahop,  dan lain sebagainya.

Banyaknya pengunjung dari luar yang datang, hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar berjualan makanan dan minuman Tempo Doeloe. Tidak hanya itu, disini juga menjual aneka pengrajin buah tangan mainan tradisional seperti miniatur kapal, truk dari kayu, topeng, gerabah terbuat dari tanah liat, gangsing, jaran kepang, pecut dan lainnya.

“Umumnya yang berjualan warga sini, RT 2 dan RW 3. Disamping menjual makanan dan minuman Tempo Doeloe. Ada sekitar 6 warga juga menjual mainan tradisional,” imbuhnya.

Kebanyakan anak-anak yang ikut bermain di sana masih sekolah Paud dan siswa Sekolah Dasar (SD).

Kampung Dolanan Semampir yang direalisasikan pada 28 April 2019 ini bisa dikunjungi pada Minggu mulai pukul 06.30 – 11.00 WIB. Selama  Kampung Dolanan dibuka, puluhan anak yang bermain di lingkungan sekitar, disarankan untuk tidak membawa alat komunikasi handphone.

“Sementara kami sarankan untuk tidak membawa gadget, apabila ada yang membawa, dianjurkan tidak dimainkan kalau perlu dititipkan sementara waktu kepada pihak pengelola,” ujar Ranti Hariani.

Sementara itu, menurut keterangan warga setempat, Anis mengatakan, dengan adanya kegiatan ini setiap minggu, diharapkan bisa memperkenalkan jenis permainan tradisional kepada anak jaman sekarang. Meski baru beberapa bulan, Kampung Dolanan Semampir sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Dari penyelenggaraan beberapa event, yang diselenggarakan oleh Dinas, Kampung Dolanan Semampir selalu ikut ambil bagian, termasuk diantaranya berpartisipasi dalam Peringatan Hari Museum Indonesia yang diselenggarakan oleh Disbudparpora Kota Kediri di Lokasi Wisata Goa Selomangleng. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.