Kampanye Solidaritas untuk Jurnalis

Yovie Wicaksono - 20 November 2019
Ilustrasi.

SR, Jakarta – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) akan melakukan kampanye di media sosial sebagai bentuk dukungan terhadap wartawan foto Palestina Muath Amarneh dan Veby Mega Indah yang tertembak di matanya.

Ketua AJI Indonesia Abdul Manan mengatakan, bentuk kampanye yang dilakukan AJI adalah melakukan selfie.

“Dengan mata kiri ditutupi kain kasa putih dengan plaster disilang atau mata kiri ditutupi dengan tangan,” ujarnya, Rabu (20/11/2019).

Foto selfie tersebut kemudian diunggah ke media sosial masing-masing dengan tagar #EyeofTruth dan #MataPublik dan me-mention menyentil akun @AJIIndonesia @ifjasiapacific @IFEX dan @forum_asia. 

Kampanye di media sosial ini akan dilakukan mulai Rabu (20/11/2019) hingga Jumat (22/11/2019). 

Kampanye ini diharapkan dapat menguatkan solidaritas antarjurnalis di level internasional dan menjadi desakan bagi aparat penegak hukum di negara masing-masing untuk menuntaskan kasusnya.

Sebelumnya, jurnalis Indonesia yang bekerja untuk Suara Hong Kong News, Veby Mega Indah tertembak tepat di bagian mata kanan saat meliput unjuk rasa di Kawasan Wanchai, Hong Kong pada 29 September 2019 lalu dan royektil diduga berasal dari tembakan polisi.

Selain itu, wartawan foto paruh waktu Muath Amarneh yang tertembak mata kirinya juga tertembak saat meliput aksi protes di Surif, kota di dekat Hebron, Palestina, pada 15 November 2019. Tentara Israel diduga menjadi pelaku penembakan terhadap Muath. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.