Jelang KTT ASEAN, Menko Polhukam Bawa Agenda Kerjasama Demokrasi dan HAM 

Yovie Wicaksono - 7 November 2022
Menko Polhukam, Mahfud MD. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD akan mendampingi Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN (KTT ASEAN) di Phnom Penh, Kamboja pada 9 hingga 12 November 2022 mendatang.

Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN itu rencananya akan secara resmi menerima keketuaan ASEAN periode selanjutnya. 

Menko Polhukam, Mahfud MD menyampaikan, sejumlah topik strategis akan dibahas di forum itu, antara lain terkait kerjasama bidang demokrasi dan hak asasi manusia (HAM), serta kerjasama di bidang intelijen dan keamanan bersama.  

“Tentu yang ingin dicapai dalam KTT ASEAN adalah prinsip dasar yang dicanangkan sejak lama, yaitu terciptanya wilayah dan kawasan yang damai dan aman, serta mensejahterakan masyarakat di ASEAN yang sudah makin bertambah,” ujar Mahfud di Jakarta, Senin (7/11/2022) menjelang keberangkatannya ke KTT ASEAN di Kamboja.  

ASEAN, lanjut Mahfud, merupakan forum yang sangat dihormati di dunia internasional. Netralitas ASEAN diharapkan membangun kesejukan dan kedamaian dalam pergaulan bangsa-bangsa.  

“Ini harus diperkuat kedepannya. Selain memperkuat forum kerjasama ASEAN, juga akan dibahas isu Laut Cina Selatan, tindak pidana perdagangan orang (TPPO), masalah Myanmar, dan berbagai isu strategis lainnya,” kata Mahfud. (ns/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.