Jelang Arus Mudik, BNN Kediri Tes Kesehatan Pengemudi Bus

Yovie Wicaksono - 29 May 2019
Pemeriksaan tes kesehatan kepada sejumlah sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi di Terminal Baru, Kelurahan Tamanan Kota Kediri, pada Rabu (29/5/2019) siang. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Petugas gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri, Polres Kediri Kota dan Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan tes kesehatan kepada sejumlah sopir bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), di Terminal Baru, Kelurahan Tamanan Kota Kediri, pada Rabu (29/5/2019) siang.

Sejumlah tenaga medis dipersiapkan baik dari BNN maupun petugas medis Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Setiap armada bus yang melintas di terminal langsung dihentikan, kemudian dilakukan pengecekan kesehatan kepada sopir.

Pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta tes urine. Kasat Lantas Polres Kediri Kota AKP Ahmad Risky mengatakan, pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan pengemudi bus dalam kondisi sehat dan dinyatakan layak mengemudi membawa penumpang. Disamping itu pihaknya juga memberikan imbauan agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan berhati-hati di jalan.

“Apabila mengantuk, menepi digantikan sopir cadangan. Ini juga dalam rangka melayani masyarakat untuk mengobati kesehatan apabila dibutuhkan oleh masyarakat tersebut. Jika pun ada kendaraan bus sebanyak 100 armada kita siap,” ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, polisi juga sempat mengecek kelengkapan surat kendaraan  serta kelayakan fisik armada bus.

Sementara itu, kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar menjelaskan, tes urine bagi para pengemudi bus dimaksudkan sebagai upaya antisipasi agar tidak terjadi penyalahgunaan narkoba demi kelancaran dan keselamatan penumpang. “Nanti kan dari hasil tes urine kelihatan,” ujarnya.

Dari tujuh belas sopir bus yang dilakukan tes kesehatan maupun tes narkoba. Sama sekali tidak  ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan narkoba maupun sopir yang mengemudi dalam kondisi sakit. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.