Jasa Marga Group Resmikan 12 Masjid Rest Area di Seluruh Indonesia

Yovie Wicaksono - 29 January 2021
Jasa Marga Group Resmikan 12 Masjid Rest Area di Seluruh Indonesia. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – Setelah meresmikan masjid di Rest Area KM 88 A Ruas Cipularang pada Desember tahun lalu, kini PT Jasa Marga (Persero) kembali meresmikan sejumlah masjid rest area di jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta Timur, Jumat (29/1/2021). 

Sejumlah masjid rest area yang diresmikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur secara virtual tersebut, terletak di 12 titik rest area yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun masjid yang diresmikan adalah Masjid Sabiilul Istiqomah di Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang; Masjid Sabiilun Najwa di Rest Area KM 389 B Ruas Batang-Semarang; Masjid Sabiilun Najah di Rest Area KM 391 A Ruas Batang-Semarang; Masjid Nurul Jannah di Rest Area KM 519 A Ruas Solo-Ngawi; Masjid Nurul Bayan di Rest Area KM 519 B Ruas Solo-Ngawi dan Masjid Nurul Hidayah di Rest Area KM 575 A Ruas Solo-Ngawi.

Kemudian Masjid Al-Ghoddi di Rest Area KM 575 B Ruas Solo-Ngawi; Masjid Ar Rahman di Rest Area KM 66 A Ruas Pandaan-Malang; Masjid Al Muhajirin di Rest Area KM 36 A Ruas Balikpapan-Samarinda; Masjid At-Taqwa di Rest Area KM 36 B Ruas Balikpapan-Samarinda; Masjid Ar-Rahman di Rest Area KM 65 A Ruas Kualanamu-Tebing Tinggi, dan Masjid Ar-Rahiim di Rest Area KM 65 B Ruas Kualanamu-Tebing Tinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Subakti mengatakan, kehadiran masjid tentu sangat bermanfaat bagi umat dan lingkungan sekitar, khususnya bagi para pengguna jalan tol yang hendak singgah beribadah dan sejenak beristirahat di tengah perjalanannya.

“Dengan dibangunnya masjid-masjid ini, semoga dapat meningkatkan kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah, makmur dan mulia oleh para Jamaah, serta menambah keberkahan bisnis dan pelayanan kita kepada masyarakat, baik pelayanan di jalan tol maupun di rest area,” ujar Subakti.

Ia menambahkan, rampungnya 12 masjid baru di rest area ini merupakan kerja sama dari banyak pihak. Hal ini menggambarkan sinergi yang terjalin pada seluruh elemen di bawah naungan Jasa Marga Group berjalan dengan baik.

“Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas kesuksesan dan kemitraan yang terjalin dengan sangat baik antara PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku anak usaha Jasa Marga yang dipercaya untuk mengelola rest area, dengan Regional Divison dan Anak Perusahaan Jalan Tol Jasa Marga Group dalam melakukan pengembangan dan pengelolaan rest area,” tambahnya.

Senada, Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, masjid merupakan salah satu fasilitas di rest area yang dikunjungi oleh mayoritas pengunjung. Terlebih, papar Cahyo, jam operasional di rest area yang tidak mengenal libur, menjadikan masjid akan selalu dikunjungi oleh jemaah selama 24 jam.

“Dengan begitu, saya berharap masjid-masjid ini akan selalu termuliakan, serta dapat memberi manfaat dan berkah bagi Jasa Marga Group, terutama bagi para pengguna jalan tol yang menjadi mitra utama bagi kami,” harap Cahyo.

Di masa pandemi ini, Cahyo memastikan rest area, termasuk masjid, yang berada di bawah pengelolaan PT JMRB dan Jasa Marga Group selalu menerapkan protokol kesehatan, demi menjamin keamanan dan kenyamanan pada pengunjung. 

Protokol kesehatan yang diterapkan di antaranya dengan menyediakan hand sanitizer dan sarana mencuci tangan di sejumlah titik, membatasi jarak pada meja, kursi, dan antrean, serta melakukan pembersihan secara berkala. 

“Khusus bagi masjid, protokol kesehatan yang diterapkan meliputi pembatasan jarak antar-saf, penempatan hand sanitizer dan sabun cuci tangan, serta meniadakan karpet dan perlengkapan ibadah lainnya, sehingga para jemaah diimbau untuk membawa perlengkapan ibadah pribadi,” tandasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.