ISNU Tegaskan Sikap Independensi di Tahun Politik 2024

Yovie Wicaksono - 21 August 2022

SR, Kediri – Meski Pemilihan Umum (Pemilu) masih menyisakan waktu 2 tahun lagi, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menyatakan komitmennya untuk tetap istiqomah di jalur independen tidak terlibat dukung mendukung paslon dalam Pilpres 2024 mendatang.

Keterangan ini disampaikan langsung oleh Ketua ISNU Jatim, Mas’ud Said saat menghadiri kegiatan Orasi Kebangsaan dan Pelantikan PC ISNU Kabupaten Kediri di Gedung Auditorium Perpustakaan IAIN Kediri, Minggu (21/8/2022).

“ISNU profesional, bisa menempatkan diri. Untuk event event bahkan sebetulnya kawan-kawan di KPU (Komisi Pemilihan Umum), Panwas maupun Panwascam itu juga banyak yang ISNU baik Kota maupun Kabupaten, dan itu bukan hal yang baru,”  terangnya.

“Secara organisasi kita tetap independen. Mencari calon yang baik, punya integritas serta punya pengalaman dan dia bisa menjamin agar kesejahteraan Kabupaten dan Kota meningkat,” katanya. 

Sebaliknya, jika ada kader dari ISNU yang ingin maju berkiprah terjun di panggung politik pihaknya tidak akan mempermasalahkan hal itu. 

“Kalau kader dari calon ISNU kita tidak mempermasalahkan dan tidak  melarang. Kecuali yang di PP dan PW kayak saya sekarang ini. Kalau mau nyalon ya pasti harus diserahkan sementara kepada Sekretaris atau Wakil Ketua agar tetap Independen,” ungkapnya. 

Sementara itu, tidak lupa Mas’ud Said juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri Salahudin dan para teman lainya yang hari ini resmi dilantik. 

“Setelah tempo hari melaksanakan Konfercab terpilih sahabat sahabat saya pak Salahudin dan temanya. Tujuan pertama adalah menguatkan organisasi, kemudian legalitas dari PP sudah turun dN kita mendapatkan amanah untuk melantik,” jelasnya.

Dalam pelantikan itu ada tiga hal yang ia tekankan, pertama kesetiaan mengurus organisasi secara  serius atau sungguh sungguh. Yang kedua menguatkan Nahdlatul Ulama melalui kegiatan cendikiawan di ISNU. Dan ketiga ISNU dapat membangun organisasi yang lebih Profesional, lebih diterima dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Sementara itu, Ketua ISNU Kabupaten Kediri terpilih Salahudin, menjelaskan jika pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan yang mencakup tujuh bidang. 

“Yang pertama kita memprogramkan kegiatan berupa kajian pemikiran keagamaan, ke Islaman dan ke Nu an. Kemudian kita kita ada aksi nyata mengadakan kegiatan terutama mendekati Hari Santri Nasional 22 Oktober mendatang,” ucapnya. 

Yang terpenting lagi, dirinya akan melakukan  penguatan organisasi dengan membentuk beberapa PAC di Kabupaten Kediri. Menurutnya saat ini sudah terbentuk 12 PAC  di wilayah Kabupaten Kediri. 

Sekadar informasi, ISNU merupakan salah satu organisasi yang merupakan Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan NU pada kelompok sarjana dan kaum intelektual. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.