Inovasi Batik Karya Tunanetra

Yovie Wicaksono - 1 June 2020
Inovasi Batik Karya Tunanetra. Foto : (Lingkar Sosial Indonesia)

SR, Malang – Generasi muda yang tergabung dalam Adi Gunawan Institut bekerjasama dengan Omah Difabel II Lingkar Sosial Indonesia, meluncurkan inovasi batik karya tunanetra.

Pendiri Adi Gunawan Institut, Adi Gunawan mengatakan, ide atau gagasan untuk membuat kelompok kerja membatik ini didasari keinginan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi para tunanetra yang selama ini hanya terbatas dan identik pada pijat dan musik saja.

“Minimnya ragam profesi ini membuat usaha rentan terhadap perubahan. Terbukti dengan merebaknya virus corona (Covid-19) praktis membuat tunanetra yang tidak dapat lagi bekerja memijat, karena dikhawatirkan interaksi fisik antara pemijat dan pengguna jasa menjadi media penularan virus corona,” ujarnya, Senin (1/6/2020).

Adi  Gunawan juga menyebut, tantangan dari pekerjaan ini yaitu respon dari kalangan tunanetra sendiri. Dimana banyak dari mereka ragu dengan kegiatan yang tak lazim dilakukan oleh orang-orang dengan hambatan penglihatan.

“Maka tantangan berikutnya adalah bagaimana kami mampu merancang agar kegiatan ini bisa aksesibel bagi tunanetra,” katanya.

Ia juga berharap dukungan masyarakat luas sehingga kedepan membatik bisa menjadi profesi baru bagi tunanetra.

“Harapannya pekerjaan yang tak lazim dilakukan oleh orang-orang dengan hambatan penglihatan ini bisa menjadi profesi alternatif sehingga tuna netra tak lagi bergantung profesi tertentu,” imbuhnya.

Terkait pola membuat batik ini sendiri dilakukan melalui ikatan-ikatan pada kain yang bisa dilakukan oleh tunanetra, disebut dengan model ikat atau jumput.

Kemudian kain yang telah diikat dengan pola-pola tertentu tersebut  diwarnai dengan cara dicelupkan pada cairan warna, ditetesi cairan warna maupun teknik lainnya. Untuk pewarnaan dibantu oleh orang awas (bisa melihat) atau setidaknya orang dengan low vision yang masih bisa melihat cahaya.

Harga batik spesial dengan merk Batik Netra ini dijual dengan harga berkisar antara 85.000 hingga 350.000 sesuai dengan kualitas kain, kerumitan pola dan tingkat kesulitan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.