Ini Kata Ketua DPRD Jatim Soal Festival Gubernur Soerjo

Yovie Wicaksono - 20 November 2022

SR, Magetan – Puncak acara Festival Gubernur Soerjo berlangsung di Gor Mageti Kabupaten Magetan, Sabtu (20/11/2022) malam. 

Berbagai pagelaran memeriahkan puncak acara yang berlangsung sejak 5 hari lalu. Mulai musik, parade budaya, hingga beragam lomba.

Ketua DPRD Jatim, Kusnadi mengatakan, gelaran Festival Gubernur Soerjo 2022 ini merupakan bakti dan penghormatan Pemerintah Provinsi dan DPRD Jawa Timur pada Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.

“Kami dari DPRD jawa Timur ingin berbakti kepada masyarakat, satu di antaranya, di Kabupaten Magetan. Karena Kabupaten Magetan sudah memberikan satu sumbangan sangat besar kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, yaitu peran dan perjuangan Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo untuk menjadi Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur,” ujar Kusnadi.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, yang biasa dikenal dengan nama Raden Soerjo merupakan Pahlawan Nasional Indonesia dan gubernur pertama Jawa Timur dari tahun 1945 hingga tahun 1948. Ia juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan dari tahun 1938 hingga tahun 1943. 

“Festival ini ingin memperingati jasa dan perjuangan beliau, dari sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sampai pada kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu juga menjelaskan, selain gelaran Parade Budaya dan Pasar Rakyat, Festival Soerjo 2022 juga diawali dengan acara haul dan doa Bersama untuk Gubernur Soerjo.

“Maka untuk mengenang jasa perjuangan beliau, mulai tanggal 11 kemarin malam tanggal 12, kita mengadakan haul untuk almarhum dan mendoakan beliau, semoga diampuni segala dosa dan kesalahannya oleh Allah, dan diterima oleh Allah di surganya yang paling indah,” tuturnya.

Ke depan, tambah Kusnadi, dirinya akan berupaya agar gelaran Festival Soerjo menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Acara malam puncak Festival Gubernur Soerjo 2022 semakin semarak dengan hadirnya penyanyi cilik asal Banyuwangi, Farel Prayoga yang membawakan beberapa lagu hits, seperti Los Dol, Kartonyono Medot Janji, Ojo Dibandingke, dan lainnya.

Perlu diketahui, pada malam acara puncak Festival Gubernur Soerjo 2022 itu diserahkan santunan untuk anak yatim dan penghargaan kepada beberapa seniman dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur. Festival Gubernur Soerjo sendiri berlangsung selama 9 hari (11-19 November 2022).

Turut hadir pada acara malam puncak Festival Soerjo 2022 di antaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak, Bupati Magetan, Suprawoto, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Diana AV Sasa, dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. (*/red)

Tags: ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.