Imlek di Kampung Tambak Bayan, Ada Barongsai Keliling

Yovie Wicaksono - 25 January 2020

SR, Surabaya – Tiga barongsai berwarna merah, kuning, dan orange melakukan pertunjukan dan keliling Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya, Sabtu (25/1/2020).

Terlihat beberapa penduduk setempat memberikan angpao kepada para penari barongsai secara langsung maupun dengan menggantungkan angpao di sepanjang jalan kampung, depan pintu rumah atau di dalam rumah sebagai simbol membuang kesialan dan mendatangkan rezeki bagi pemberi angpao.

Barongsai ini berkeliling kampung untuk memperingati Tahun Baru Imlek 2571.

Salah satu tokoh pemuda Tambak Bayan, Liem Kem Hao mengatakan, selain pertunjukan barongsai keliling kampung, juga dihadirkan fashion show dan tari-tarian yang dibawakan oleh anak-anak Kampung Tambak Bayan.

Yang menarik, pernak pernik imlek seperti lampion yang menghiasi sepanjang jalan kampung terbuat dari bola sepak plastik dan botol bekas, serta teratai dan lampion.

“Pernak pernik ini berbentuk tikus yang menggambarkan shio tahun ini, yakni Tikus Logam,” ujar pria yang akrab disapa Cak Gepeng ini.

Sementara itu, Ning Surabaya 2019, Jennifer Goldie mengatakan senang bisa berada di kampung Tambak Bayan ini. Apalagi ini adalah pengalaman pertamanya.

“Kebetulan saya baru pertama kali datang kesini dan pengalaman menarik yang belum pernah saya jumpai salah satunya adalah barongsai yang masuk ke rumah warga, berinteraksi langsung dengan pemilik rumah,” ujar Jennifer Goldie.

Sebagai peranakan Tionghoa, Goldie bangga, Surabaya memiliki kampung Tambak Bayan, yakni kampung pecinan tua yang masih terus melestarikan tradisi secara turun temurun setiap tahunnya.

“Saya sebagai peranakan Tionghoa di Cak Ning Surabaya tentu sangat bangga, karena Tionghoa ini dia akui. Saya bisa diberi kesempatan oleh Pemkot untuk terus berkontribusi, karena Surabaya ini adalah kota yang mempunyai masyarakat yang plural dan semua melebur jadi satu,” kata Goldie. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.