Hiruk-Pikuk Penyembelihan Kurban RPH Pegirian Surabaya

Rudy Hartono - 20 June 2024

SR, Surabaya – Hari Raya Idul Adha menjadi momen yang dinanti-nanti oleh umat Islam. Di momen itu para muslim melaksanakan sunnah yakni berkurban ternak.

Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Surabaya menjadi salah satu tempat yang sibuk selama perayaan Idul Adha.  “Sehari bisa 70-75 ekor hewan kurban. Kalau tahun ini Alhamdulillah tidak ada yang kena penyakit,” kata Imam Sutopo, salah seorang petugas checker RPH Pegirian, Selasa (18/6/2024).

Diterangkan di RPH ada beberapa pekerjaan yang dilakukan beberapa orang. Ada yang menjadi tukang jagal, pemotongan kurban, pengemasan, hingga bagian pengecekan hewan kurban.

Setelah disembelih, hewan kurban itu, selanjutnya didistribusikan sesuai kepemilikan. “Dikirimnya paling jauh ke Mojokerto. Tantangannya tidak terlalu rumit, masih sama,” tuturnya.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan bertahap. Sejak sapi kali pertama masuk ke RPH, tim dokter hewan langsung melaksanakan pemeriksaan kesehatannya secara rutin.

“Ini ada list nya juga untuk pengecekan. Ada 10 tim yang bekerja kalau pengecekan, tim kemas juga 10, per timnya tiga orang,” pungkasnya. (hk/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.