Hari Jamu Nasional, Deni Ajak Hidup Sehat dengan Obat Tradisional

Yovie Wicaksono - 27 May 2021
Ilustrasi jamu. Foto : (Shutterstock/Wisnu Haryo Yudhanto)

SR, Surabaya – Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur (Jatim) Deni Wicaksono mengatakan, peringatan hari Jamu Nasional pada 27 Mei 2021 ini menjadi momentum menggerakkan masyarakat agar lebih mencintai produk dalam negeri terutama obat-obatan tradisional seperti jamu.

Menurutnya, jamu bisa menjadi kekuatan untuk menggerakkan perekonomian jika diinformasikan secara maksimal.

“Kesadaran masyarakat sebenarnya sangat tinggi terhadap obat tradisional, khususnya jamu, tapi ini tidak dikemas, tidak diinformasikan, dan diumumkan secara maksimal. Nah kita akan mendorong agar ini bisa menjadi kekuatan tersendiri untuk menggerakan perekonomian masyarakat,” ujarnya, Kamis (27/5/2021).

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini obat atau jamu tradisional, menurut Deni, menjadi hal yang sangat mudah untuk diproduksi sendiri.

“Dan ini akan bisa melawan arus besar obat-obatan dari perusahaan besar, jadi tugas kita bersama untuk kemudian mengkampanyekan kembali untuk hidup sehat dengan cara tradisional yang sudah turun temurun jadi budaya bangsa kita,” tandasnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar mengonsumsi jamu dan obat-obatan tradisional yang tidak ada unsur kimianya dan lebih menyehatkan karena sudah terbukti dari turun temurun nenek moyang.

Apalagi, resep dan tanaman obat yang ada di bumi nusantara ini khususnya Jatim dengan mudah bisa ditanam, diproduksi, dikemas dan dipasarkan lebih baik lagi sehingga bisa menguasai pasar yang selama ini masih didominasi oleh pabrik atau perusahaan besar.

Politisi PDI Perjuangan ini juga menegaskan memiliki komitmen yang tinggi terhadap produk-produk lokal dan dalam negeri, khususnya jamu dan pengobatan herbal, yang menjadi salah satu kekuatan Indonesia untuk bisa menggerakkan UMKM, petani, dan kembali kepada rasa cinta terhadap produksi dalam negeri.

“Di Komisi E DPRD Jawa Timur, kita sudah merumuskan kemarin terkait dengan Perda Perlindungan Obat Tradisional yang di dalamnya ada jamu, dan lain-lain bahwa Jatim dan PDI Perjuangan memiliki komitmen yang tinggi terhadap produk-produk lokal dan dalam negeri khususnya jamu dan pengobatan herbal ini,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.