Gunung Taal Meletus, KBRI Manila Berikan Bantuan Kepada WNI

Yovie Wicaksono - 13 January 2020
KBRI Manila Berikan Bantuan Kepada WNI. Foto : (Istimewa)

SR, Filipina – Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, telah mengalami erupsi pada Minggu (12/1/2020), pukul 17.30 waktu setempat. Gunung tersebut berjarak sekitar 82 km dari Manila.

Setidaknya, terdapat 170 WNI dengan mayoritas mahasiswa, bertempat tinggal di wilayah Cavite.

Tim Perlindungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila telah berada di wilayah Cavite pada Senin (13/1/2020), untuk memantau situasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat dan memberikan bantuan kepada para WNI.

“Jika diperlukan, Tim akan mengevakuasi para WNI ke KBRI Manila,” ujar Juru Bicara KBRI Manila Agus Buana melalui keterangan resmi, Senin (13/1/2020).

Selain itu, KBRI Manila juga telah mengimbau agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah.

Jika menghadapi situasi darurat agar segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.

Melansir Reuters, letusan Gunung Taal menghasilkan abu setinggi 1 km  disertai dengan suara gemuruh dan getaran. Aktivitas gunung tersebut dinilai dapat menyebabkan erupsi berbahaya dalam beberapa minggu.

Abu yang menghujani Manila juga membuat 172 penerbangan batal masuk dan keluar dari bandara internasional pada hari Minggu (12/1/2020). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.