Hari AIDS Sedunia, Whisnu : Jangan Jauhi ODHA

Yovie Wicaksono - 2 December 2019
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengkampanyekan terkait Narkoba dan HIV/AIDS di car free day (CFD) Darmo Surabaya, Minggu (1/12/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana bersama mahasiswa lintas universitas menggelar aksi turun ke jalan mengkampanyekan terkait Narkoba dan HIV/AIDS di car free day (CFD) Darmo Surabaya, Minggu (1/12/2019).

Whisnu mengatakan, masih banyak warga Surabaya yang memandang sebelah mata terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

“Memperingati Hari AIDS Sedunia ini, kita mensosialisasikan tentang HIV/AIDS kepada masyarakat, karena banyak warga justru terhadap ODHA mereka menghindari, menyisihkan atau mengucilkan. Jangan jauhi, justru kita harus lindungi dan support agar mereka dalam menghadapi hidupnya lebih semangat lagi,” ujarnya.

Terkait pemahaman yang keliru tentang penularan HIV, Whisnu mengatakan, penularan tidak serta merta hanya karena bersentuhan, berpelukan atau berdekatan, tapi penularan HIV terjadi melalui pemakaian jarum suntik yang tidak steril secara bergantian atau berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman.

Sebagai langkah preventif, Whisnu menegaskan, Pemkot Surabaya rutin memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui Puskesmas ditiap kelurahan terkait HIV AIDS, khususnya pola hidup sehat dan menjauhi narkoba.

“Biasanya kalau warga Surabaya yang sudah ODHA, terdeteksi dan melaporkan ke kita maka akan diberikan penanganan khusus dan itu bisa gratis kalau memang mereka tidak mampu,” imbuhnya.

Whisnu berharap semakin banyak masyarakat Surabaya yang tergerak untuk menghentikan penyalahgunaan narkoba dan mencegah penularan penyakit HIV/AIDS tidak hanya pada saat peringatan Hari AIDS saja.

“Semoga ini terus berlanjut dan bergulir sehingga Surabaya benar-benar bisa bersih dari narkoba dan HIV/AIDS,” pungkasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.