Harga Bawang Putih Berangsur Normal

Yovie Wicaksono - 10 May 2019
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri Gelar Operasi Pasar pada Kamis (24/4/2019). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Dibukanya kran bawang putih Impor dan dikabarkan sudah mulai masuk ke Indonesia, memicu turunnya harga bawang putih di sejumlah daerah termasuk di Kediri, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perdagangan  dan Perindustrian (Disperindag) Kota Kediri, Jawa Timur, Yetty Sisworini mengatakan, pihaknya hingga sekarang sudah menerima bawang putih impor sebanyak dua kali dari Pemprov Jatim.

“Pada tahap pertama kita dapat dropping 5 ton, tahap kedua 4 ton, pada tahap ketiga kita akan mendapatkan dropping lagi tapi kita lihat situasi pasar. Sepertinya dipasar sudah mulai turun harga ini,” ujarnya pada Kamis (9/5/2019).

Yetty mengatakan, salah satu faktor yang membuat harga bawang putih turun adalah  gencarnya operasi pasar murah yang dilakukan oleh Disperindag Kota Kediri.

“Karena kita ada harga shock seperti itu, kita selalu melaksanakan operasi pasar.  Di pasar di drop dengan harga sangat murah, dari Rp 50 ribu kita bisa menjual di harga Rp 24 ribu. Itu sebetulnya bukan karena sebuah ketakutan, tetapi barangnya yang sulit didapat,” imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun Super Radio, harga bawang putih kualitas biasa di sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri dikabarkan perlahan turun di kisaran Rp 31 ribu per kilogram.

“Harga sekarang, kemarin ada informasi sudah mulai di Rp 31 ribu. Turunnya sangat drastis, yang kualitas biasa,” ujarnya.

Turunnya harga bawang ini diketahui saat tim Disperindag melakukan sidak di pasar Grosir Kelurahan Ngronggo. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.