Hadapi Covid-19, Ribuan Warga Jadi Relawan Surabaya Memanggil

Yovie Wicaksono - 5 July 2021
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foto : (REUTERS)

SR,Surabaya – Antuasisme warga Surabaya menjadi bagian dari Relawan Surabaya Memanggil tergolong tinggi. Hingga hari ini, sudah ada 1050 orang yang mendaftar untuk mendukung Pemkot Surabaya menanggulangi Covid-19.

Koordinator Relawan Surabaya Memanggil Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, selanjutnya para relawan akan dibagi menjadi tiga bidang yang didsarkan pada kategori yang dipilih saat mendaftar antara lain, sosialisasi protokol kesehatan (prokes), pembinaan Kampung Wani, dan Kedaruratan.

Khusus di bidang kedaruratan, harus mempunyai latar belakang medis yang nantinya bakal dilatih secara tersendiri oleh tenaga medis yang lebih berpengalaman.

Para relawan ini paling banyak memilih bertugas pada bidang prokes. Begitu juga untuk bidang Pembinaan Kampung Wani, peminatnya juga tercatat banyak. Sementara untuk bidang kedaruratan, memang dipilih dari para relawan yang memiliki latar belakang tersebut.

“Kami akan berikan pelatihan secara berkala, kemarin hadir ada 40 orang. Hari ini mungkin yang sudah menerima pembekalan akan langsung kami terjunkan sesuai dengan kebutuhan teman-teman pemkot,” ujarnya, Senin (5/7/2021)

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, masyarakat yang mengikuti deklarasi ini adalah para relawan yang sudah diikrar memenuhi panggilan Surabaya Memanggil.

Mereka terdiri dari perwakilan anak muda, relawan, pengusaha hingga relawan medis. Nantinya relawan ini akan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menanggulangi Covid-19.

“Saya selalu katakan kalau kita ingin Covid-19 segera berakhir seperti kita merebut kemerdekaan, maka yang berjuang adalah warga Kota Surabaya. Kalau kita berjuang sendiri-sendiri tidak pernah menjadi satu kekuatan besar, maka perjuangan kita akan sia-sia,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya pada Jum’at (2/7/2021). (ng/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.