Gerakan Hidup Sehat, Baguna Jatim Siapkan Menu Khusus Penurunan Stunting

Yovie Wicaksono - 23 January 2023
Sekretaris Baguna DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Bayu Utoro. Foto : (Super Radio/Hamidiah Kurnia)

SR, Surabaya – Rangkaian Gerakan Hidup Sehat yang masuk dalam Program Peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT Ketua Umum Megawati Soekarno Putri mulai dilakukan di berbagai daerah, salah satunya Surabaya.

Seperti yang terlihat di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Senin (23/1/2023) pagi. Di sana, tampak sejumlah personil Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) mulai sibuk menyiapkan peralatan dan bahan masakan untuk diolah dan dibagikan ke masyarakat.

Tiap anggota pun berbagi tugas sesuai kebutuhan. Mulai dari belanja bahan makanan dan peralatan, mendirikan tenda dapur umum di halaman kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, mengolah masakan, hingga membagikan ke masyarakat.

Sekretaris Baguna DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Bayu Utoro mengatakan, sebelum mendirikan tenda dapur umum pihaknya lebih dulu melakukan koordinasi dengan tim. Dengan dedikasi tinggi, segala persiapan dilakukan non stop di H-1 acara.

“Persiapannya mulai dari kemarin jam satu siang kita mendirikan tenda kemudian perlengkapan belanja seperti kardus dan lain-lain itu sudah jam 2 sudah siap, kita mulai melipat kardus sampai maghrib habis itu kita belanja ke Pasar Mangga Dua itu jam 12 malam,” ujarnya.

Total, lanjutnya, ada 500 porsi makanan yang akan dibagikan ke tiga lokasi yakni Panti Werdha, Kampung 1001 Malam, dan tempat sosial. 

“Pagi ini kita mulai persiapan untuk masak nanti jam 10 kita distribusikan. Anggota yang terlibat dari Baguna 8 orang,” ucapnya.

Menu yang disiapkan pun tidak sembarangan. Mengingat kasus gizi buruk menjadi fokus kesehatan di Surabaya maka disiapkan bahan makanan yang bisa mencegah stunting, seperti buah, daging dan sayur-sayuran.

“Menu yang dipilih adalah yang kaya gizi apalagi ini khususnya untuk stunting, lansia dan ibu hamil. Total kami siapkan 50 kilogram daging ayam, pisang 32 sisir, buncis, wortel, menunya yang sehat-sehat untuk warga,” tuturnya. (hk/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.