“Ganongan” Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

Yovie Wicaksono - 6 February 2021
"Ganongan" Imbau Masyarakat Patuhi Prokes. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Ada yang unik saat anggota TNI AD Koramil 0809/01 Kota Kediri mengedukasi dan mengingatkan masyarakat terkait ancaman penyebaran virus Covid-19. Edukasi dilakukan dengan cara pendekatan kesenian budaya.

Berdandan bak ganongan, anggota koramil TNI AD ini tidak sungkan naik diatas mobil terbuka berkeliling sepanjang ruas jalan protokol dengan berteriak melalui alat pengeras suara mengimbau masyarakat atau pengguna jalan agar selalu mentaati protokol kesehatan. Prajurit TNI AD ini juga blusukan ke Pasar Setono Betek Kota Kediri.

Aksi anggota TNI AD ini mendapat respon positif dari para pedagang yang membuka lapak di sana.

Saat blusukan, petugas sempat memergoki ada salah satu pedagang perempuan yang tidak memakai masker. Melihat itu, petugas langsung menegurnya dan menyarankan agar memakai masker.

Saat melakukan edukasi ke pedagang,  anggota koramil didampingi satu petugas Bhabinkamtibmas dari Polsek Kota Kediri.

Danramil Kota Kediri Kapten Infantri Sutejo mengatakan, kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Kita juga melaksanakan perintah dari komando atas, mensosialisasikan tentang pembatasan kegiatan masyarakat yang diperpanjang hingga tanggal 8 Februari 2020 mendatang,” katanya.

Pihaknya sengaja melakukan pendekatan melalui kesenian ganongan, agar sosialisasi dapat diterima oleh masyarakat.

“Ada 2 sasaran pasar yang kita datangi, Pasar Setono Betek dan Pasar Ngronggo. Alasan saya ke pasar, karena di tempat ini setiap harinya berkumpul banyak orang sehingga berpotensi terjadinya penularan. Maka dari itu kita ingatkan,” tandasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.