DPRD Jatim Minta Pemprov Bantu Normalisasi Sungai Buntung dan Kali Sinir Sidoarjo

Yovie Wicaksono - 28 November 2019
Ketua DPRD Jatim, Kusnadi saat serap aspirasi atau reses di wilayah bungurasih Timur di kediaman Tito Pradopo, Rabu (27/11/2019) malam. Foto : (Kominfo Jatim)

SR, Sidoarjo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta pemerintah provinsi membantu untuk normalisasi sungai buntung dan kali Sinir yang ada di wilayah Waru Sidoarjo. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Jatim, Kusnadi saat serap aspirasi atau reses di wilayah bungurasih Timur di kediaman Tito Pradopo, Rabu (27/11/2019) malam. 

Salah satu warga Bungurasih, Imam Turmudzi mengeluhkan sedimentasi sungai buntung dan kali Sinir sehingga butuh normalisasi atau pengerukan agar saat musim penghujan tidak lagi terjadi banjir di kawasan Waru maupun Kureksari Sidoarjo.

Mendapatkan keluhan tersebut, Kusnadi mengatakan jika normalisasi itu memang sangat dibutuhkan masyarakat dan anggaran Pemkab Sidoarjo terbatas, maka pihaknya menyarankan supaya Pemkab Sidoarjo mengajukan bantuan kepada Pemprov Jatim agar nantinya bisa diperjuangkan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim untuk diprioritaskan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.  

“Pemprov Jatim bisa membantu melalui bantuan keuangan selama diajukan secara resmi, dan Pemkab Sidoarjo memang kekurangan dana untuk menormalisasi sungai buntung dan sungai Sinir. Ini semua kan untuk kepentingan masyarakat Jatim khususnya untuk menanggulangi banjir dan bisa dimanfaatkan untuk destinasi wisata air,” pungkasnya.

Wisnu Pradono, anggota DPRD Sidoarjo asal Fraksi PDI Perjuangan yang turut hadir dalam reses tersebut menyatakan, Sungai Sinir memang butuh normalisasi. Bahkan, masyarakat di sepanjang sungai berniat menjadikan sungai tersebut sebagai obyek wisata air sehingga bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

“Normalisasi sungai buntung Waru dan sungai Sinir masih alot dibahas di DPRD Kabupaten Sidoarjo karena keterbatasan anggaran. Mengingat, panjang sungai yang hendak dinormalisasi itu cukup panjang,” ungkapnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.