DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Gelar Lomba Menyusui Balita

Yovie Wicaksono - 23 January 2023

SR, Kediri – Masih dalam rangka peringatan HUT ke-10 partai sekaligus upaya membantu program pemerintah dalam menekan angka stunting, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri menggelar lomba menyusui balita di Desa Sumber Agung Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Senin (23/1/2023).

Kegiatan lomba menyusui balita ini melibatkan peran aktif 1.000-an ibu rumah tangga dari 18 desa di wilayah Kecamatan Wates.

Teknis kriteria penilaian lomba diantaranya posisi yang benar ketika menyusui, usia bayi serta menjawab sejumlah pertanyaan. Dari sekian banyak peserta, diambil tiga orang pemenang.

Dalam kegiatan tersebut DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri juga mengajak para ibu rumah tangga yang sedang hamil untuk mengikuti senam hamil. Ada juga lomba mewarnai yang diikuti para balita.

Sementara untuk pemenuhan gizi para peserta, DPC PDI Perjuangan Kabupaten mendirikan dapur umum di halaman luar kantor Balai Desa Sumber Agung, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah legislator, ketua DPRD Kabupaten Kediri serta Bupati Hanindhito Himawan Pramana yang juga pengurus DPC.

“Ini bagian dari rangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan, dimana sesuai arahan Ibu Ketua Umum, kader harus turun ke bawah, tidak boleh malas-malasan. Juga untuk melihat langsung persoalan di masyarakat,” kata Hanindhito Himawan Pramana.

Terkait masalah stunting, tambah Hanindhito, pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten dan kota punya misi untuk mencegah atau menekan angka stunting di bawah 1 digit.

“Artinya di bawah 10 persen. Angka stunting di kabupaten saat ini di kisaran 12 sampai 14 persen,” jelas dia.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kediri sudah berupaya untuk melakukan upaya pencegahan. Setiap camat selalu dievaluasi, dan wajib melaporkan berapa angka stunting di daerahnya.

“Kecamatan Wates ini sudah masuk tidak sampai 10 persen angka stuntingnya. Beberapa kecamatan lain masih di atas 10 persen dan ini kita tekan terus,” ungkap Mas Dhito, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Murdi Hantoro menjelaskan, kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari DPP PDI Perjuangan, untuk mendirikan dapur umum.

“Sekaligus ini juga untuk membantu program dari pemerintah dalam menanggulangi dan menekan angka stunting di wilayah Kabupaten Kediri. Ini merupakan bentuk kepedulian PDI Perjuangan kepada masyarakat,” terangnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.