Dinas Pertanian Kota Kediri Temukan 6 Ekor Sapi Terkena Cacing Hati

Yovie Wicaksono - 22 July 2021
Sidak di Rumah Potong Hewan (RPH) di wilayah Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Rabu (21/7/2021). Foto : (Super Radio/Rahman Hakim)

SR, Kediri – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri menemukan enam ekor hewan kurban jenis sapi, yang menderita sakit cacing hati. Temuan ini diketahui saat melakukan sidak di Rumah Potong Hewan (RPH) di wilayah Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Rabu (21/7/2021).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri, Ridwan mengatakan, pihaknya telah menerima 33 ekor hewan kurban jenis sapi untuk disembelih di RPH.

“Allhamdulilah hari ini semuanya sudah kita sembelih, ada beberapa tinggal proses pemisahan daging. Ada 6 ekor hewan yang sakit cacing hati. Hatinya sudah kita amankan dan dibuang,” ujarnya.

Penyembelihan untuk hewan kurban sendiri dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai Rabu (21/7/2021).

Ditambahkan Ridwan, jumlah hewan kurban yang disembelih di RPH tahun ini jauh lebih banyak jika  dibandingkan Iduladha tahun lalu yang hanya 15 ekor sapi.

“Ini kemungkinan dikarenakan adanya imbauan Pak Wali Kota, dimana RPH memfasilitasi penyembelihan hewan kurban masyarakat Kota Kediri, free tidak ada biaya,” tuturnya.

 

Penyembelihan hewan kurban di RPH Kecamatan Mojoroto juga menerapkan protokol kesehatan, dimana setiap pegawainya sebelumnya sudah menjalani vaksinasi dan selalu memakai masker ketika bekerja.

Sementara itu, Kasie Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan, Pujiono menambahkan bahwa sebelum pelaksanaan Iduladha pihaknya telah melakukan sidak di 16 titik pedagang hewan kurban. Saat sidak sempat ditemukan hewan kurban mengalami sakit mata dan pilek.

“Allhamdulilah tadi di RPH gemuk gemuk ya, meski tadi ada seperti yang disampaikan Pak Kepala Dinas. Sapi sapi yang ditemukan itu kondisinya sehat tetapi didalamnya hatinya ada cacing, maka harus dibuang,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.