Daop 8 Surabaya Kembali Operasikan Kereta Api Tujuan Jakarta

Yovie Wicaksono - 23 February 2021
Ilustrasi Kereta Api. Foto : (Humas Daop 8)

SR, Surabaya – Setelah sebelumnya sempat terdampak banjir, jalur hilir kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh – Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi, kini sudah dapat dilewati oleh semua kereta api.

“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api keberangkatan menuju Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Selasa (23/2/2021).

Adapun perjalanan KA keberangkatan 23 Februari 2021 dengan tujuan Pasar Senen Jakarta yang kembali beroperasi adalah KA Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen Jakarta, KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen Jakarta, dan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen Jakarta.

Kemudian untuk tujuan Stasiun Gambir yang kembali beroperasi adalah KA Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir, KA Gajayana relasi Malang – Gambir, KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir, dan KA Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir. 

KA pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada 10.29 WIB. Demi pertimbangan keselamatan, maka KA yang melintas jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya hanya 10 km/h, dan bertahap akan ditingkatkan. 

Luqman menjelaskan, selama dua hari berturut-turut petugas KAI bekerja secara terus menerus selama 24 jam untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI juga menambah petugas dari Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon. 

“Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta,” imbuh Luqman. 

Ia menegaskan, KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya. 

“KAI juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak diantaranya Kementerian Perhubungan yang telah membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini,” pungkas Luqman. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.