Daop 8 Laporkan Tindakan Pencurian Kabel Udara Telekomunikasi di Surabaya

Yovie Wicaksono - 23 October 2022
Luqman Arif Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya. Foto: (Istimewa)

SR, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya melaporkan tindakan pencurian prasarana perkeretaapian berupa kabel udara telekomunikasi ukuran 20 Core dengan panjang kurang lebih 350 meter ke Polsek Wonocolo, Sabtu (22/10/2022) untuk proses penyelidikan dan penangkapan pelaku pencurian.

Pencurian tersebut menyebabkan gangguan alat komunikasi antar Stasiun di Stasiun Wonokromo, dan juga dari Stasiun Wonokromo ke pos jaga perlintasan sebidang antara  Stasiun Wonokromo – Stasiun Waru. 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyatakan, dampak dari perbuatan yang dilakukan oknum  tersebut sangat membahayakan perjalanan kereta api karena peralatan komunikasi yang terganggu merupakan alat bantu pengamanan perjalanan kereta api. 

“KAI Daop 8 sangat  mendukung upaya pengungkapan kasus tersebut dan berharap pelaku segera tertangkap dan dihukum sesuai aturan yang berlaku,” jelas Luqman.

Seperti diketahui, belum lama ini beredar video di media sosial terkait dugaan pencurian satu rol kabel di perlintasan kereta api, Jalan A Yani sisi frontage Siwalankerto, Surabaya.

Video yang direkam oleh warga sekitar dengan durasi hampir dua menit itu menunjukkan seorang pengendara motor berwarna putih hendak mencuri kabel tersebut. Warga pun memergoki aksi pria itu dan sempat menegurnya. Bukannya dihiraukan, oknum tersebut justru melontarkan ancaman kepada warga yang merekamnya.

“Iyo kabele tak gowo. Kon ngelaporno aku, kon tak pateni (iya kabelnya saya bawa. Kalau sampai melaporkan saya ke polisi, kamu saya bunuh),” kata pelaku kepada warga dalam video tersebut. (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.