Daniel Rohi Dorong Satgas PMK Bergerak Cepat Distribusikan Vaksin ke Daerah

Yovie Wicaksono - 16 June 2022

SR, Surabaya – Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Daniel Rohi mendorong distribusi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) segera dilakukan ke tiap daerah.

Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah pusat telah menyalurkan 3 juta vaksin PMK secara bertahap ke Jawa Timur.  

Tahap pertama akan disalurkan sebanyak 800 ribu dosis dan tahap kedua sejumlah 2,2 juta dosis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 10 ribu dosis telah tiba di Jawa Timur pada Minggu (12/6/2022).

“Vaksin sudah masuk ke Jawa Timur sehingga, saya mendorong satgas PMK untuk bekerja cepat agar vaksin tersebut segera didistribusi ke para peternak,” ucap pria yang akrab disapa Danro ini, Rabu (15/6/2022).

Vaksinasi ini, ucapnya, penting disaat wabah terjadi. Terlebih, mengingat penyebaran virus PMK yang makin tinggi dan perlu penanganan serius untuk menghentikannya. 

Berdasarkan data per 12 Juni 2022 saja, kasus PMK di Jatim mencapai 58.684 ekor sapi, dengan 4 daerah berstatus wabah (merah) yakni Lamongan, Gresik, Mojokerto, dan Sidoarjo.

“Perlu segera menyiapkan petugas vaksinator untuk memvaksin sapi yang ada di Jawa Timur berjumlah 4,9 juta ekor, dimana sapi perahnya berjumlah 305.708 ekor,”  ujarnya.

Selain berdampak pada kesehatan hewan, wabah ini juga merugikan para peternak. Akibat PMK, banyak sapi yang mati dan produksi susu berkurang hampir 80 persen. Oleh karena itu, Danro mendorong adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para peternak yang merugi akibat PMK.

“Para peternak perlu diberikan BLT agar bisa menolong mereka yang sapi peliharaan mati. Peternak yang memiliki pinjaman bank juga agar diberi relaksasi pinjaman sehingga beban mereka bisa dikurangi,” pungkasnya. (hk/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.