Cuaca Pagi Surabaya Raya Dinaungi Awan Tebal Tak Berpotensi Hujan

Rudy Hartono - 11 June 2024

SR, Surabaya – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda melaporkan prakiraan cuaca pagi hari Surabaya Raya (Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) Selasa  11 Juni 2024 berawan cukup tebal, potensi hujan kecil. Suhu udara pagi hari rata-rata 27-29⁰C, presipitasi 20 persen dengan kelembapan udara pagi hari 60-70 persen.

Setelah lewat pukul 10.30 WIB, suhu udara di Surabaya Raya berangsur angsur panas hingga puncaknya suhu udara 33⁰C. Selanjutnya suhu turun dan kelembapan naik yang pada malam hari Surabaya Raya berpotensi hujan ringan.

Cuaca di Jawa Timur mulai bervariasi pada siang hari, sebagian wilayah akan alami hujan ringan hingga hujan lebat disertai petir.

Siang hari diprakirakan hujan  ringan  di Bangkalan, Banyuwangi, Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Probolinggo, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Probolinggo, Lumajang, Magetan, Pamekasan, dan Sampang.

Sementara itu BMKG memperingatkan potensi hujan petir di Kabupaten Ponorogo, Bojonegoro, Kab Malang, dan Probolinggo. Pada malam hari potensi hujan petir kemungkinan terjadi Banyuwangi.

Kondisi cuaca yang tidak stabil di musim kemarau di Jatim, menurut BMKG Juanda, hal itu dikarenakan gelombang Rossby kembali datang melintasi Jawa Timur pada periode 10-16 Juni 2024.

Dijelaskan, gelombang Rossby menyebabkan cuaca buruk pada wilayah yang dilaluinya. Gelombang Rossby ini membawa massa udara yang bersifat basah sehingga sebuah wilayah sering dilanda kondisi hujan atau mendung, bahkan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.