Cuaca Kabupaten Mojokerto Panas Menyengat Melebihi Cuaca Surabaya Raya

Rudy Hartono - 29 May 2024
ilustrasi

SR, Surabaya – Cuaca seluruh daerah di Jawa Timur, Rabu (29/5/2024) diperkirakan cerah berawan sepanjang hari. Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak memberikan catatan peringatan dini untuk cuaca Jatim.

Suhu udara di Jawa Timur diprediksi berada di kisaran 17-35 ⁰C . Suhu terendah di Kota Batu 17-28⁰C derajat Celcius. Sedangkan suhu  tertinggi 25-35⁰C justru dialami Kabupaten Mojokerto. Padahal beberapa pekan lalu, Surabaya Raya selalu mengalami suhu panas terik. Untuk Rabu ini Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) cuaca panas normal suhu kisaran 25-32⁰C.

Pada siang hari,  cuaca cerah berawan akan mendominasi cuaca Jatim. Namun Bangkalan, Bondowoso, Lumajang, diprediksi akan hujan sedang pada siang hari.

Pada malam hari, hujan di beberapa daerah tersebut diprediksi sudah reda dan cuaca cerah berawan kembali mendominasi.

BMKG Tanjung Perak juga melaporkan cuaca perairan  Pelabuhan Tanjung Perak, Gresik, Jangkar, Mayangan, dan Kalianget, keseluruhannya berawan. Tinggi gelombang laut cukup tenang dikisaran 0,1 – 0,5 meter dengan arah angin bertiup dari Timur- Tenggara kecepatan antara 6-30 km/jam.

Karena cuaca Kabupaten Mojokerto sinar matahari menyengat, BMKG menyarankan penggunaan sunscreen menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit saat beraktivitas di luar rumah.

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.