Cara SMA Santa Maria Tumbuhkan Nilai Kepedulian Lingkungan

Yovie Wicaksono - 19 July 2019
Siswa baru SMA Santa Maria Surabaya melakukan bersih-bersih lingkungan, pada Jumat (19/7/2019). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Ratusan siswa baru SMA Santa Maria Surabaya, mengikuti bakti sosial (baksos) dan city tour dalam puncak pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), pada Jumat (19/7/2019).

Mereka terbagi dalam tiga kelompok dan berkumpul di tiga titik utama, yaitu Taman Bungkul, Kebun Binatang Surabaya (KBS), dan Perpustakaan Bank Indonesia (BI). Tujuan utama kegiatan ini adalah menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitarnya.

Bakti sosial ini diperuntukkan warga kurang mampu di sekitar lokasi tersebut. Sembari melakukan bersih-bersih lingkungan, mereka juga membagikan bingkisan berisi sembako yang merupakan sumbangan inisiatif dari siswa-siswi baru SMA Santa Maria. Selanjutnya mereka melakukan kegiatan literasi di perpustakaan BI, KBS, dan Taman Bungkul. 

Guru pendamping SMA Santa Maria, Cornelius Widya mengatakan, literasi tersebut bertujuan untuk membantu para siswa memperkaya pengetahuan. 

Kegiatan ini didampingi oleh guru dan kakak kelas pendamping selaku panitia. Peserta MPLS sendiri sangat antusias mengikuti kegiatan ini. 

“Kegiatan ini sangat menyenangkan. Kepedulian dan rasa empatiku diasah,” ujar salah satu peserta, Owen.

Sedangkan ketua panitia MPLS, Ruslan mengatakan, acara semacam ini sangat penting dilakukan untuk mendekatkan diri ke masyarakat dan dapat memupuk jiwa sosial generasi muda sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar. 

Ia berharap, kegiatan seperti ini dilakukan secara berkelanjutan. “Semoga acara bakti sosial dan city tour ini dapat berguna bagi siswa-siswi dan masyarakat di sekitar SMA Santa Maria, khususnya di Taman Bungkul, KBS, dan Perpustakaan BI,” tandasnya. (yos/red)

Berita Terkait

1 komentar

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.