Cara Cegah Kacamata Berembun saat Pakai Masker

Yovie Wicaksono - 27 February 2021
Ilustrasi. Foto : (Hardfordhealthcare.org)

SR, Jakarta – Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah mewajibkan masyarakat agar selalu mengenakan masker saat pergi ke luar rumah. Namun hal itu sering merepotkan bagi para pengguna kacamata karena kacamata akan gampang berembun saat kita mengenakan masker.

Pasalnya, masker membuat nafas kita yang panas dan lembab mengarah langsung ke permukaan lensa kacamata yang dingin sehingga menyebabkan kondensasi di lensa.

Melansir Huffington Post, agar kacamata tidak berembun saat memakai masker adalah dengan cara:

1. Cuci lensa kacamata pakai air sabun

Sebuah studi yang dimuat di Royal College of Surgeons, Inggris pada 2011 melaporkan ada seorang dokter bedah yang mencuci kacamata dengan air sabun mampu menyelesaikan operasi tanpa gangguan embun akibat pemakaian masker.

Maka, sesaat sebelum pakai masker, cuci lensa dengan air sabun dan keringkan kacamata dengan lap atau tisu. Selain membuat kacamata bebas embun, mencuci dengan sabun juga mematikan virus.

2. Lipat bagian atas masker

Tokyo Metropolitan Police Department menyarankan agar melipat bagian atas masker sedikit untuk menambah ruang bernafas agar nafas tidak langsung mengarah ke mata.

Namun kekurangannya bisa mengurangi ukuran masker sehingga tidak bisa melindungi hidung dan mulut dari droplet secara menyeluruh.

3. Tambahkan tisu

Tambahkan tisu di bagian lipatan atas masker agar bisa menyerap kelembaban embusan nafas dan menghalangi kondensasi. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.