Bhabinkamtibmas Dibekali Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 

Yovie Wicaksono - 13 July 2020
Bhabinkamtibmas Dibekali Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Aula Polres Kediri Kota, Senin (13/7/2020), mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebanyak 30 anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di desa mendapat pembekalan tata cara pemulasaran jenazah Covid-19 di Aula Polres Kediri Kota, Senin (13/7/2020), mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Kegiatan yang bersifat edukasi ini digagas oleh Polres Kediri Kota bersinergi dengan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.

Tidak hanya melibatkan petugas  Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kegiatan ini juga diikuti 30 relawan kampung tangguh.

Teknisnya, pembekalan ini diberikan oleh sejumlah tenaga medis Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Disini, peserta diberikan pelatihan bagaimana tata cara memakai alat pelindung diri (APD) yang benar, hingga menangani jenazah Covid-19. Sebagai pengganti jenazah,  petugas medis menggantinya dengan boneka mirip manusia.

Usai mengikuti kegiatan tersebut Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana menjelaskan jika pihaknya mengadakan pelatihan ini dengan maksud agar anggota Bhabinkamtibmas yang ada di desa setempat dapat mengetahui tata cara pemulasaran jenazah.

“Diharapkan relawan yang ada, baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsa yang ada di masing-masing desa memiliki kemampuan untuk pemulasaran jenazah,” kata Miko.

Disamping itu, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dimana nantinya diharapkan tidak ada penolakan jenazah yang akan dimakamkan maupun pengambilan paksa terhadap jenazah di rumah sakit.

“Sampai saat ini belum ada di wilayah hukum Polresta Kediri. Edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat terus kita gencarkan. Diharapkan masyarakat mengerti,” ujarnya.

Dengan adanya pembekalan ini, dimungkinkan nantinya bisa membantu kinerja dari tim gugus tugas Covid-19  baik di tingkat wilayah kota maupun Kabupaten Kediri.

“Apa yang kita lakukan ini dapat membantu tugas gugus tugas baik di tingkat wilayah kota maupun kabupaten. Apa yang kami lakukan bersinergi dengan rekan-rekan gugus tugas yang ada,” katanya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.