Besok, PDI Perjuangan Hadirkan Kiprah Pemimpin Muda di Jatim

Yovie Wicaksono - 23 January 2021

SR, Surabaya – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-48 PDI Perjuangan, Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur akan menggelar webinar bertemakan “Kiprah Pemimpin Muda di Jawa Timur” Harapan dan Tantangan di Masa Depan, Minggu (24/1/2021) pagi.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Deni Wicaksono mengatakan, tema tersebut dipilih karena pihaknya menilai fenomena Pilkada tahun 2020 kemarin cukup menarik, dimana muncul beberapa generasi muda yang berhasil terpilih menjadi kepala daerah.

Ia mencontohkan Bupati Trenggalek sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Trenggalek, M. Nur Arifin yang kembali terpilih dengan perolehan suara yang cukup banyak, kemudian Bupati terpilih Kabupaten Kediri, Hanindhito Himawan Pramono, dan Bupati terpilih Kabupaten Gresik, Fandi Akhmad Yani yang usianya masih dibawah 40 tahun.

“Dan PDI Perjuangan ikut mendukung atau mengusung mereka. Melihat kiprahnya yang menarik, maka besok kita akan hadirkan mereka untuk berbincang santai terkait kira-kira apasih yang sudah mereka lakukan untuk bisa terpilih kemarin, dan kedepan seperti apa yang ingin dilakukan atau bisa dilakukan untuk mengembangkan daerah masing-masing,” ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Ia mengatakan, kegiatan ini tidak hanya menyasar generasi muda, namun bagi siapapun untuk bisa saling berbagi pengalaman ataupun menghadirkan ide-ide baru yang nantinya akan ditampung untuk menjadi bahan perbaikan kedepan atau modal awal dari para pembicara yang ada.

Selain itu, lanjut Deni, kegiatan webinar ini juga sebagai bentuk bukti bahwa kaderisasi di internal PDI Perjuangan berjalan.

Ia juga menegaskan bahwa PDI Perjuangan sangat membuka ruang kesempatan kepada generasi muda atau siapapun yang ingin mengaktualisasi diri mereka di dalam dunia politik dan mempunyai kemampuan untuk bisa berkontestasi diruang apapun, termasuk sebagai kepala daerah.

“Itu terbukti, saya sendiri dalam kontestasi politik juga termasuk di usia yang relatif cukup muda tapi saya bisa diberi ruang menjadi calon legislatif kemarin, kemudian sekarang diberi posisi yang luar biasa, yakni Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Kepala BP Pemilu. Ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan membuka ruang seluas luasnya kepada siapapun yang memang dianggap punya militansi dan kemampuan di masyarakat, khususnya di Jawa Timur, baik berpartai atau berpolitik,” tandasnya.

Hal tersebut juga terlihat pada Pilkada 2020, dimana ada beberapa tokoh muda yang dianggap mampu kemudian diberi kesempatan melalui rekomendasi yang akhirnya terpilih menjadi pemimpin di daerahnya masing-masing.

Anggota DPRD Jawa Timur ini pun mengatakan bahwa pemulihan ekonomi, pemulihan kehidupan bermasyarakat dan lainnya menjadi tantangan besar pemimpin muda di era baru yang tidak terduga ini, khususnya di tengah pandemi yang belum jelas kapan berakhir.

“Ini tantangan besar bagi kelompok muda yang nantinya akan bisa menjadi seleksi alam yang luar biasa. Dalam artian siapa yang bisa beradaptasi dengan cepat, siapa yang bisa melihat peluang dan kesempatan, itulah yang akan memenangkan pertarungan sesungguhnya,” tandasnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.