Benarkah Penggunaan Penutup Mata Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur?

Yovie Wicaksono - 1 January 2021
Ilustrasi.

SR, Jakarta – Sebagian orang dapat tidur dengan mudah di mana saja dan kapan saja, namun ada juga yang membutuhkan bantuan selimut khusus, pose yoga, teh pemicu tidur hingga penutup mata atau masker tidur agar dapat tertidur dengan cepat dan nyenyak.

Percaya atau tidak, penggunaan penutup mata ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur. Para dokter dan ahli masalah gangguan tidur atau somnolog pun menyebutkan beberapa manfaat dari penggunaan penutup mata saat tidur, seperti dilansir Boldsky.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Studi menunjukkan bahwa, karena manusia diurnal (terjaga di siang hari dan tidur di malam hari), otak secara alami mengasosiasikan kegelapan dengan tidur dan otak cenderung memproduksi lebih banyak melatonin (hormon yang mengontrol tidur dan siklus bangun) ketika mereka merasakan ketiadaan cahaya yang bisa Anda peroleh dengan mengenakan penutup mata.

Selain produksi melatonin yang meningkat, kondisi tidur yang gelap telah dikaitkan dengan lebih banyak tidur REM (rapid eye movement) atau tidur bermimpi dan kurang terjaga.

2. Membuat tertidur lebih cepat

Mengenakan penutup mata dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk berbaring di tempat tidur, karena suasana gelap total meningkatkan tingkat melatonin tubuh yang akan membuat Anda tidur lebih cepat daripada tidak memakai penutup mata . Selain itu, penutup mata mendorong Anda untuk kembali tidur dengan memblokir rangsangan lain (meminimalkan gangguan).

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Beberapa penutup mata yang terbuat dari sutra atau serat ekstra lembut lainnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Artinya, saat Anda tidur tanpa penutup mata, bersentuhan dengan bantal bisa meregangkan kulit di sekitar mata.

Selain itu, karena Anda cukup istirahat karena tidur yang tidak terganggu, maka kantong di sekitar mata di pagi hari dapat dihindari. Anda bisa membeli penutup mata yang dibuat dari bahan tertentu, seperti arang, untuk mengurangi bengkak dan kekeringan di sekitar rongga mata.

4. Membantu mengatasi migrain

Sensitivitas cahaya adalah gejala yang umum dan tidak menyenangkan yang terkait dengan migrain kronis. Penutup mata dapat membantu memberikan kegelapan total, yang dapat membantu meredakan nyeri yang berdenyut-denyut.

Beberapa penutup mata bahkan dapat memberikan fitur pendinginan atau pemanas yang dirancang khusus untuk meredakan nyeri migrain. Anda juga bisa membekukan atau mendinginkan penutup mata dan menggunakannya saat migrain menyerang.

5. Dapat mengelola depresi

Meskipun klaim ini memerlukan penelitian lebih lanjut, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur dalam kegelapan total dapat membantu mengurangi depresi. Para partisipan menunjukkan gejala depresi yang berkurang.

6. Membantu pikiran dan tubuh rileks

Menurut penelitian, stimulasi tekanan sentuhan dapat mendorong pelepasan serotonin, zat kimia yang mengatur tidur. Stimulasi tekanan dalam (Deep Pressure Stimulation – DPS) adalah gerakan yang kuat namun lembut, pelukan, atau pegangan yang membuat rileks sistem saraf, jadi saat Anda mengenakan penutup mata, tekanan lembut dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan mengurangi perasaan cemas.

7. Dapat membantu mengobati mata kering

Dalam semalam, mata Anda dapat terpapar udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya yang dapat menyebabkan mata kering di pagi hari, terutama bagi individu dengan lagophthalmos nokturnal, suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat menutup mata sepenuhnya. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan penutup mata. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.