Begini Bentuk Kepedulian DPC PDI Perjuangan Kota Kediri Terhadap Kelestarian Lingkungan

Yovie Wicaksono - 15 January 2021
DPC PDI Perjuangan Kota Kediri lakukan gerakan penanaman pohon, Jumat (15/1/2021). Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus bagian dari rangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan, kader banteng Kota Kediri melaksanakan gerakan penanaman pohon, Jumat (15/1/2021).

Kegiatan kali ini difokuskan pada lokasi konservasi mata air Sumber Jiput, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri. 

Gerakan penanaman pohon ini dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan  Kota Kediri Gus Sunoto Imam Mahmudi. Dalam keterangannya, pria yang akrab disapa Gus Sunoto tersebut mengatakan,  jika kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian partai terhadap kelestarian lingkungan hidup. 

Ia berharap, kegiatan ini nantinya dapat membawa manfaat bagi masyarakat lingkungan sekitar.

“Masih dalam rangkaian kegiatan HUT PDI Perjuangan ke 48 tahun, semoga apa yang kita lakukan saat ini membawa manfaat bagi orang banyak,” ujar Ketua DPRD Kota Kediri ini.

Ia menambahkan, penanaman pohon ini merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri yang begitu  peduli terhadap lingkungan. 

Ia menilai konservasi mata air Sumber Jiput ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan sekitar.  Disini telah ditemukan 3 sumber mata air yang selama ini menjadi sumber kehidupan warga sekitar untuk keperluan bercocok tanam, pemenuhan air bersih untuk minum serta penopang  kebutuhan sehari hari lainnya.

“Dengan penanaman pohon yang ada sekarang, nantinya kelak bisa menggantikan pohon yang sebelumya sudah ada dilingkungan sekitar Sumber Jiput,”  ujarnya.

Lantaran masih dalam masa pandemi, kegiatan dilakukan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, dimana sejumlah kader partai yang dilibatkan dalam acara tersebut diwajibkan untuk memakai masker dan jaga jarak saat penanaman pohon berlangsung. 

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Kediri, Purwanto mengatakan, pohon yang ditanam di lingkungan konservasi mata air Sumber Jiput ini hampir mencapai 100 pohon. Ada 2 jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon pule dan pohon sono. 

Alasan dipilihnya dua pohon tadi untuk ditanam, karena selama ini pohon pule dan pohon sono dikenal memiliki kelebihan dalam menyerap air. 

“Dua pohon tadi memiliki kelebihan akarnya sangat kuat ke bawah, jadi kalau ada banjir, airnya bisa menyerap,” ujar Purwanto. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.