Armuji : Surabaya Siap Terima Vaksin Booster Bagi Warga

Yovie Wicaksono - 12 January 2022
Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersiap menindaklanjuti rencana Pemerintah Pusat terkait pemberian vaksin dosis ketiga (booster) secara gratis. 

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mengatakan, saat ini ada sejumlah teknis yang saat ini menunggu arahan dari pemerintah pusat. Diantaranya, jumlah stok vaksin yang diberikan kepada masing-masing daerah, waktu kedatangan vaksin, jenis vaksin hingga teknis vaksinasi untuk masing-masing kategori.

“Dengan tingginya persentase warga yang telah di vaksin dosis pertama maupun dosis kedua, Kota Surabaya siap untuk menerima vaksin ketiga atau vaksin booster bagi warga,” kata Armuji, Rabu (12/1/2022).

Seperti diketahui, berdasarkan Dashboard Vaksin Kemenkes, capaian vaksinasi di Surabaya telah melampaui target nasional. Tercatat dosis pertama mencapai 2.847.174 atau 128,36 persen dan dosis kedua mencapai 2.263.572 atau 102,05 persen.

Armuji pun mengatakan, sesuai dengan Instruksi Presiden Joko Widodo, vaksin booster ini akan diutamakan dahulu untuk kelompok lansia dan rentan guna mengantisipasi mutasi virus Covid-19 dalam berbagai varian.

“Saat ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinkes telah menyusun skema vaksin booster untuk lansia dan kelompok rentan, sembari menunggu kedatangan stok vaksin dari Pusat,” tegas Armuji.

Di Surabaya, tercatat pada 11 Januari 2022 terdapat 7 kasus aktif, kumulatif angka positif sebesar 67.096, kesembuhan mencapai 64.531 dan meninggal 2.558.

Ia juga bersyukur, pasca tahun baru 2022 di Kota Surabaya tidak ada lonjakan kasus karena masyarakat mematuhi anjuran pemerintah sehingga kondisi demikian mendukung agenda pemulihan ekonomi yang telah dicanangkan.

“Kita bersyukur memasuki Minggu kedua bulan Januari tidak ada lonjakan berarti, optimis pemulihan ekonomi rek,” imbuhnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.