Zona Orange di Jatim Bertambah, Ada Juga Zona Kuning. Daerah Mana Saja?

Yovie Wicaksono - 19 August 2021
Ilustrasi obat Covid-19. (Pixabay)

SR,Surabaya – Per Kamis (18/8/2021), jumlah kabupaten/kota di Jawa Timur yang berstatus zona orange terus bertambah. Berdasar data nasional, pukul 16.00 WIB, 22 kabupaten/kota itu antara lain Sumenep, Lamongan, Tuban, Pamekasan, Bojonegoro, Jombang, Madiun, Trenggalek, Ngawi, Gresik, dan Situbondo.

Lalu ada Bangkalan, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Bondowoso, Kota Pasuruan, Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Kota Blitar, Kota Batu, dan Kota Probolinggo.

Selain itu, satu daerah, yakni Kabupaten Sampang tercatat berstatus zona kuning.

Anggota Satgas Kuratif Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril mengatakan, untuk zona merah masih ada 15 kabupaten/kota. Yakni, Ponorogo, Kediri, Malang, Sidoarjo, Banyuwangi, Kota Kediri, Lumajang, Jember, Magetan, Nganjuk, Blitar, Pacitan, Tulungagung, Kota Malang, dan Kota Madiun.

“Jumlah zona merah Covid-19 di Jatim perlahan menurun. Hanya ada satu kabupaten yang berstatus zona kuning, yakni Kabupaten Sampang,” ujar Jibril, Kamis (18/8/2021).

Dijelaskan, untuk kasus aktif Covid-19 di Jatim saat ini berjumlah 27.827. Pasien Covid-19 yang sudah sembuh 309.764. Sedangkan yang meninggal dunia berjumlah 25.851.

Meski tren kasus mengalami penurunan, masyarakat Jatim diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masyarakat diharapkan tidak abai protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 segera berakhir. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.