Waktu Tepat Bepergian, Prakiraan Cuaca Surabaya Raya dan Jatim Cerah

Rudy Hartono - 16 June 2024
Ilustrasi. Foto: (Getty Images/iStockphoto/krungchingpixs)

SR, Surabaya – Saat libur panjang (long week end), libur Hari Raya Idul Adha dan cuti bersama, waktu yang tepat bepergian. Pun akhir pekan, waktu idela beraktivitas bersama keluarga atau kerabat di luar rumah.

Kabar baiknya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan cuaca pada Minggu 16 Juni 2024  di Surabaya Raya dan sebagian besar daerah Jawa Timur akan cerah sepanjang hari. Cuaca akan bervariasi mulai dari cerah, berawan, cerah berawan, berawan tebal dan berkabut.

Kalaupun ada potensi hujan, namun intensitas hujan sedang di beberapa kota. Itu pun diprakirakan pada Senin (17/6/2024) dini hari di kota Surabaya, Gresik, Bangkalan,  Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kota Kediri, dan Lamongan.

Awal musim kemarau di Jawa Timur, suhu udara berasa panas, BMKG Juanda mencatat suhu udara Jatim di kisaran 15-35 derajad Celcius. Suhu udara paling tinggi, 35⁰C dirasakan di Kota Madiun, disusul suhu tertinggi kedua, 34 ⁰C , dialami Kota Kediri dan Mojokerto. Sementara itu suhu udara Surabaya Raya di kisaran 24-33⁰C.

Terpisah BMKG Tanjung Perak melaporkan prakiraan cuaca di wilayah Pelabuhan esok hari berawan, tidak tampak potensi hujan. Sangat baik kondisi cuaca bagi nelayan.  Untuk ketinggian gelombang termasuk kategori tenang yakni kurang dari 0,5 meter kecuali di wilayah Pelabuhan Tamperan yakni mencapai 1,3 meter.

Karena cuaca Jatim besok masih didominasi cerah, BMKG Juada mengingatkan masyarakat yang bepergian atau keluar rumah agar tidak  lupa menggunakan sunscreen atau tabir surya.

Penggunaan sunscreen direkomendasikan BMKG untuk menghindari efek buruk paparan sinar matahari secara langsung terhadap kulit. Mengingat bahaya terik matahari yang terlalu panas, bisa membuat kulit luka bakar atau sunburn. Gejalanya berupa bercak kemerahan atau kecoklatan pada kulit, meradang, dan terasa panas saat disentuh

Penting untuk dicatat bahwa prakiraan cuaca dapat berubah, oleh karena itu, disarankan untuk selalu memantau pembaruan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya. Dengan mengetahui prakiraan cuaca ini, masyarakat dapat lebih siap menghadapi kondisi cuaca yang mungkin terjadi pada periode tertentu. (*/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.