Untari : Kemerdekaan RI Jadi Momen untuk Mandiri

Yovie Wicaksono - 17 August 2020
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari dalam upacara bendera memperingati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di kantor partai berlambang moncong putih di kawasan Kendangsari, Surabaya, Senin pagi (17/8/2020). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari menilai Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 sangat istimewa, karena pandemi Covid-19 telah menguji kesabaran, kekuatan, dan ketangguhan di dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Untari mengatakan, saat ini menjadi kesempatan besar Indonesia untuk menjadi negara mandiri yang berdiri di kaki sendiri tanpa tergantung pada negara lain. Terlebih, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang luar biasa.

“Ini kesempatan besar kita untuk tidak tergantung pada negara lain. Indonesia itu punya segalanya yang dibutuhkan untuk memproduksi sesuatu. Jadi jangan pernah mengeluh, kita pasti bisa karena sumber daya kita luar biasa,” ujar Untari, Senin (17/8/2020).

“Dengan adanya situasi ini, kita berusaha untuk membangkitkan bagaimana kekuatan kita sendiri. Ini moment untuk melatih dan menguji kemandirian kita,” imbuhnya.

Politisi yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur ini mencontohkan produk makanan. Bahan bakunya harus dibeli dari hasil panen petani di daerahnya, kemudian untuk barang, juga harus menggunakan produk buatan Indonesia sebagai wujud dukungan agar ekonomi Indonesia kembali bangkit dan menumbuhkan rasa kecintaan serta kebanggaan masyarakat kepada produksi dalam negeri.

Dengan modal semangat gotong royong yang sudah mengakar di masyarakat, Untari optimis Indonesia mampu mandiri dan bisa bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19.

“Dengan adanya kekuatan gotong royong itu, saya yakin Indonesa bisa lebih maju melalui kekuatan kemandirian, seperti Trisakti Bung Karno, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang budaya,” tegasnya.

Sekedar informasi, dalam rangka memperingati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdakaan RI, DPD PDI Perjuangan Jatim menggelar upacara bendera di kantor partai berlambang moncong putih di kawasan Kendangsari, Surabaya, Senin pagi (17/8/2020).

Dalam upacara tersebut, Sri Untari bertindak selaku inspektur upacara. Peserta terdiri dari perwakilan paguyuban tukang becak, fungsionaris Badan Partai, perwakilan PAC PDI Perjuangan sekitar kantor DPD Jatim, serta Satgas Partai.

Seluruh peserta upacara diwajibkan mengenakan masker untuk memenuhi standar protokol kesehatan. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.