Tjong Ping : Kesejahteraan Nelayan Perlu Ditingkatkan

Yovie Wicaksono - 26 February 2021
Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Go Tjong Ping. Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Go Tjong Ping menilai perlunya peningkatan kesejahteraan nelayan, terutama di Situbondo, Tuban, Lamongan dan Gresik.

Dikatakan, meski saat ini Nilai Tukar Nelayan (NTN) Jawa Timur pada Januari 2021 naik 0,35 persen dari 96,26 persen di Desember 2020 menjadi 96,60 persen di bulan Januari 2021. Situasi saat ini, terutama kondisi cuaca yang kurang bersahabat membuat pendapatan nelayan sangat minim.

Melihat kondisi ini, Tjong Ping berharap pemerintah memberikan perhatian terhadap persoalan nelayan ini.

“Nelayan ini beda dari petani. Petani itu kalau kesulitan gak bisa makan dia bisa ambil di lahannya untuk bahan makanan, tapi kalau nelayan sama sekali nggak ada. Jadi ini perlu diperhatikan penuh oleh pemerintah supaya kesejahteraannya ada,” ujarnya kepada Super Radio (26/2/2021).

Hal lain yang tak kalah penting adalah nelayan harus siap dan bersedia bekerjasama dengan berbagai pihak. Misalkan jika sebelumnya nelayan hanya fokus pada perikanan, ke depan bisa bekerja dibidang lain seperti pertanian atau lainnya agar pendapatannya meningkat.

“Kesejahteraan atau lapangan kerja itu yang penting. Jadi harapan kami, selain para nelayan itu bekerja di laut, dia juga mulai diadakan pendidikan menuju ke pertanian, nah bertani caranya apa, biar dia kerja ikut orang gak masalah, jadi ikut tandur, ikut ke sawah dia kan dapat gaji,” terangnya.

Nelayan juga dapat bekerjasama dengan koperasi untuk mengelola keuangan dengan menggabungkan pendapatan dari berlayar.

“Kalau dibentuk koperasi misalkan satu kapal isinya 21 orang, uang dapat bantuan atau kredit dari pemerintah. Nanti hasilnya 40 persen untuk bayar hutang, 10 persen untuk perawatan, 50 persen dibagi ke warga. Saya kira itu tepat,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Ditambahkan, DPRD Jatim juga tetap berupaya untuk membantu nelayan dengan memberikan arahan, serta rekomendasi usaha-usaha yang membutuhkan tenaga nelayan agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan, dan terus mengusulkan kenaikan NTN pada pemerintah. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.