Tertarik Jadi Direksi PDAM Surabaya? Ini Syaratnya

Yovie Wicaksono - 7 July 2021
Logo PDAM Surya Sembada Surabaya

SR,Surabaya – Pemkot Surabaya membuka lowongan bagi profesional yang tertarik menjadi Direktur Utama (Dirut), Direktur Operasi (Dirop), dan Direktur Layanan (Diryan), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada.

Bagi profesional yang tertarik, harus memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Daerah. Yakni, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah menjalani hukuman pidana karena kejahatan, mempunyai pendidikan sekurang-kurangnya Sarjana Strata-1 (S1), atau yang setara.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, pendaftaran lowongan ini dimulai pada hari ini, 7 Juli 2021 hingga 26 Juli 2021. Sedangkan, tahapan seleksi direksi PDAM Surya Sembada itu terdiri dari seleksi administrasi, uji kelayakan dan kepatutan, dan wawancara akhir.

“Setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur, seluruh dokumen menjadi hak panitia seleksi, dan hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui website surabaya.go.id,” ujar Agus Hebi di ruang kerjanya, Rabu (7/7/2021).

“Untuk batas usia Direksi yang berasal dari luar PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada saat diangkat pertama kali berumur paling tinggi 50 tahun, sedangkan batas usia Direksi yang berasal dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada saat diangkat pertama kali berumur paling tinggi 55 tahun,” imbuhnya.

Selanjutnya, bakal calon direksi itu juga harus mempunyai pengalaman kerja 10 tahun dalam jajaran manajemen bagi yang berasal dari PDAM seluruh Indonesia, atau mempunyai pengalaman kerja minimal 15 tahun dalam jajaran manajemen suatu perusahaan bagi yang bukan berasal dari PDAM. Hal ini harus dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik.

Selain itu, harus lulus pelatihan manajemen air minum di dalam atau di luar negeri yang telah terakreditasi, bagi Calon Direktur Utama dan Direktur Operasi, yang dibuktikan dengan sertifikat atau dokumen lain.

Mereka juga harus membuat dan menyajikan proposal mengenai Visi dan Misi PDAM, bersedia bekerja penuh waktu dan tidak bekerja di perusahaan di luar PDAM.

“Tidak boleh terikat keluarga dengan Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah atau Dewan Pengawas atau Direksi lainnya sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau kesamping, termasuk menantu dan ipar, dan harus lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan yang dilaksanakan oleh tim ahli yang ditunjuk oleh Kepala Daerah,” tegasnya.

Hebi menambahkan, bagi yang berminat dan sudah merasa memenuhi semua kualifikasi itu, bisa membuat surat lamaran yang disertai dengan daftar riwayat hidup, fotocopy ijazah dan transkip nilai yang dilegalisir, fotocopy KTP/Paspor dan KK yang masih berlaku, asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang masih berlaku (bukan fotocopy/scan), Pas Foto Terbaru berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 (dua) lembar, asli Surat Keterangan Sehat dari Dokter.

Kemudian Tidak Buta Warna, dan Surat Keterangan Bebas Narkoba (bukan fotocopy/scan), dan Surat Pernyataan bermaterai Rp 10.000 yang menyatakan tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

“Surat lamaran dikirimkan kepada Panitia Seleksi Direksi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, dengan alamat: Bagian Administrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Jl. Taman Surya No. 1 Surabaya,” imbuhnya.

Pada sampul Surat Lamaran harus dituliskan Kode Posisi Jabatan yang akan dilamar, tepatnya di bagian kiri atas sampul. Untuk Direktur Utama kode posisi jabatannya DIRUT, kemudian Direktur Operasi kode posisi jabatannya DIROP, dan Direktur Layanan kode posisi jabatannya DIRYAN.

“Penerimaan surat lamaran dilakukan setiap hari kerja, mulai pukul 07.30-16.00 WIB, selama proses pendaftaran mulai 7-26 Juli 2021,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.