PDI Perjuangan Juara di Survei Charta Politika

Yovie Wicaksono - 29 March 2021
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto : (Istimewa)

SR, Jakarta – PDI Perjuangan masih menjadi pilihan masyarakat jika pemilu legislatif untuk memilih anggota DPR RI digelar hari ini. Hasil survei Charta Politika Indonesia menyebut, elektabilitas PDI Perjuangan sebagai yang tertinggi yakni 20,7 persen. Diikuti Partai Gerindra (14,2 persen) dan PKB (9,7 persen).

Terkait hasil itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersyukur atas hasil survei yang dirilis Charta Politika Indonesia. Meski begitu, seluruh kader banteng diminta untuk tidak cepat puas diri. Semua anggota partai diminta bekerja keras turun ke lapangan membantu masyarakat.

“Kami menyadari bahwa pemilu masih 3 tahun. Meski semua hasil survei selalu menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi dengan angka dikisaran 20,7 – 31,3 persen. Namun hasil ditentukan pada Pemilu 2024. Semua anggota dan kader partai wajib meningkatkan disiplin, memperkuat kesadaran ideologi, termasuk mencegah perbuatan yang tidak terpuji,” ujar Hasto dalam keterangannya yang diterima Super Radio, Senin (29/3/2021).

 

Hasil Survei Charta Politika Indonesia Menempatkan PDI Perjuangan di Urutan Pertama. (Desain : Super Radio)

Hasil survei ini, imbuh Hasto, menjadi daya pacu PDI Perjuangan untuk menyatu dengan rakyat. Sekaligus membangun harapan di dalam mengatasi pandemi COVID-19.

“Faktor soliditas kepemimpinan partai, dan aktivitas partai seperti penghijauan, dan gotong royong mengatasi pandemi juga menjadi sebab tingginya elektoral PDI Perjuangan,” terangnya.

Sekedar informasi, survei Charta Politika Indonesia dilakukan pada 20 – 24 Maret 2021. Metode survei yang digunakan metode sampling pengacakan sistematis sebanyak 1.200 responden dengan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden adalah warga negara Indonesia yang berusia diatas 17 tahun.

Hasil dari survei tersebut menempatkan PDI Perjuangan sebagai pilihan pertama dengan 20,7 persen, disusul Gerindra (14,2 persen), PKB (9,7 persen), PKS (8,2 persen), Golkar (7,8 persen), Nasdem (5,4 persen) dan Demokrat (4,2 persen). (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.