Sukses Gelar Pelatihan, Mahakarya Bumi Nusantara Asah Kecintaan Anak Muda ke Tanah Air

Yovie Wicaksono - 10 October 2023

SR, Surabaya – Yayasan Mahakarya Bumi Nusantara (MBN) sukses gelar pelatihan dan wawasan kebangsaan mulai 7-9 Oktober 2023 di Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya.

Tak sekadar mengajarkan skill content creator seperti, foto, videografi, design grafis, hingga public speaking. Kegiatan yang diikuti sekira 30 peserta tersebut, juga mengasah rasa kecintaan tanah air dan nasionalis.

“Kami sertakan wawasan kebangsaan karena kebhinekaan harus menjadi semangat berkarya dan pancasila menjadi nafas kita dalam sehari-hari,” ujar Ketua Panitia Yayasan MBN, Bernada Rurit Veroni Widiaristin, Senin (9/10/2023).

Topik tersebut, kata Rurit, sengaja dipilih guna mewujudkan generasi emas yang tak hanya ahli di era kekinian tapi juga menyebarkan nilai-nilai kebangsaan.

“Ketika masuk dunia kerja mereka tidak akan lepas dari teknologi. Narasi, fotografi, videografi, dan public speaking ini selalu ada, kami ingin berikhtiar agar terwujud generasi emas,” ucapnya.

“Dan pelatihan ini wujud dari indahnya keberagaman. Kami harap setelah batch pertama ini bisa berkelanjutan ke seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Hal ini, turut mendapat apresiasi dari banyak pihak, salah satunya Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono. Ia menyebut, foto dan video merupakan alat untuk menyampaikan pesan. Ketika itu digabungkan dengan wawasan kebangsaan maka terciptalah nilai yang luar biasa.

“Mengutip kata-kata Bung Karno, jangan ajarkan anak soal politik tapi ajarkan tentang cinta tanah air. Bung Karno bisa bertahan setelah berkali-kali diasingkan karena rasa cinta tanah air,” ucapnya saat memberi sambutan dalam penutupan pelatihan itu.

Ia pun berharap agar kegiatan seperti ini makin masif digelar di berbagai daerah. “Yang paling penting dari wawasan kebangsaan ini adalah menumbuhkan rasa cinta pada tanah air. Dengan cinta itu kita bisa berempati pada kesulitan orang lain, lalu kita bersama-sama mencari solusi atas kesulitan itu sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, salah peserta pelatihan, Stefanie mengaku senang dan berharap pelatihan ini bisa berkelanjutan. “Senang banget bisa ikut pelatihan ini. Kebetulan saya juga suka design dan dapat banyak ilmu dari sini, bisa belajar banyak hal,” ungkapnya. (hk/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.