Sri Untari Ingatkan Semangat Hari Ibu 

Yovie Wicaksono - 20 December 2019
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari mengingatkan semangat Hari Ibu pada Kongres Perempuan I dan II adalah bagaimana peran perempuan dalam berjuang untuk kepentingan negara dan dirinya.

“Kita harus mulai menghilangkan domestikasi bahwa perempuan pada Hari Ibu itu harus sewekan, bukan itu. Tapi bagaimana perempuan itu kemudian menjadi sebuah partner bagi laki-laki dalam berjuang untuk menegakkan keadilan sosial,” ujarnya, Jumat (20/12/2019).

Agar dapat menjadi partner laki-laki dalam menegakkan keadilan sosial, perempuan harus bisa mandiri dan cerdas.

“Dipendidikan itulah perempuan akan dibuka wawasan berpikirnya, bisa menganalisa sehingga perempuan bisa menemukan bahwa ini benar, ini ternyata di konstruksi oleh sosial kita,” imbuhnya.

Untari menyadari, perjuangan tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun ia menilai sejauh ini, hasil perjuangan itu sudah cukup maju, terlihat dari keterwakilan perempuan dalam dunia politik minimal 30 persen.

“Hanya saja itu masih pada tataran struktural, tapi belum sampai melihat bagaimana kualitasnya. Maka perempuan harus ikut membuat dirinya memiliki kualitas untuk itu,” tandasnya.

Sekedar informasi, pemerintah telah menetapkan tema Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019, yakni “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema tersebut dipilih karena melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif dan lainnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.