Sepeda Jenis Mini Track dan Minion Banyak Digandrungi Pesepeda di Kediri

Yovie Wicaksono - 12 July 2020
Sepeda Jenis Mini Track dan Minion Banyak Digandrungi Pesepeda di Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), jumlah pesepeda di wilayah Kota Kediri kian hari semakin banyak. Di sepanjang jalan protokol, banyak ditemui warga bersepeda baik pada waktu pagi, siang, sore ataupun malam hari.

Sepeda yang digunakan pun bervariasi jenisnya. Namun, sepeda jenis Mini Track dan Minion saat ini sedang banyak digandrungi para kawula muda di Kediri.

Sepeda Mini Track dan Minion sendiri memiliki perbedaan frame. Dimana sepeda Mini Track memiliki keunikan pada stang dan model frame serta bentuk ukuran roda yang kecil, sementara Minion konsep framenya bisa dilipat, terdapat keranjang, sehingga terkesan  lebih terlihat feminim. Karena keunikan dua jenis sepeda tadi, tak heran, kini banyak pesepeda yang ingin berburu mendapatkannya. Jenis sepeda ini pun kebanyakan buatan Taiwan, China dan Jepang.

Melihat ada peluang usaha di sana, sekumpulan anak muda yang ada di Gang Bendon, Kelurahan Banjaran, Kota Kediri, mencoba merintis usaha perbaikan, modifikasi khusus dua jenis sepeda tersebut.

Para pemuda ini terdiri dari 6 orang yang tergabung dalam karang taruna. Dodoth F Widodo Putra mengatakan, rintisan usaha ini baru dilakoninya selama satu bulan.

Dalam kurun waktu satu bulan tersebut, ia bersama para temannya sudah mendapatkan 10 orang pelanggan yang membutuhkan jasanya dalam perbaikan serta modifikasi sepeda Mini Track dan Minion.

“Awalnya kita dasarnya dari taman baca, bagaimana menghidupi taman baca itu, otomatis kita buat Bendon Project. Isinya mural, crafting. Karena musim pandemi orderan juga sepi, terus ada rekan yang punya ide bikin merakit sepeda akhirnya kita pindah ini,” ujar Dodot, Minggu (12/7/2020).

Meskipun baru satu bulan buka, usaha perbaikan sepedanya ini sudah diketahui oleh komunitas sepeda dari luar daerah seperti Nganjuk.

Ongkos biaya perbaikan atau modifikasi pun bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitan dan kemauan tambahan onderdil konsumen. Kisaran harga paling murah rakitan standar yakni 1,6 juta. Apabila menggunakan rakitan bahan yang lebih bagus, biayanya bisa mencapai Rp 4 juta ke atas.

“Tergantung spare partnya,” kata pemuda lulusan Sekolah Seni Rupa dan Desain Diploma 3 Yogyakarta  ini.

Seiring berjalannya waktu, lanjutnya, kendala yang dihadapi saat ini adalah sulitnya untuk mendapatkan spare part.

Ia bersama temannya sudah berkeliling mencari spare part di wilayah Tulungagung dan Trenggalek, namun hasilnya nihil. Ia mengatakan, spare part jenis harga terjangkau hingga kelas paling mahal kosong semua.

“Peminatnya banyak, sementara barangnya kosong tidak ada. Jika pun ada harus inden dulu nunggu 1 bulan,” ungkapnya.

Selain perbaikan untuk jenis sepeda Mini track dan Minion, Bendon Project juga melayani perbaikan jenis sepeda lainnya serta pengecatan warna. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.