Seorang Pasien Terinfeksi Covid-19 asal Blitar Dinyatakan Sembuh

Yovie Wicaksono - 28 March 2020
Ilustrasi Virus Corona. Foto : (MgIt03)

SR, Kediri – Satu dari tiga pasien yang sebelumnya  terinfeksi virus Covid-19, dinyatakan sembuh dan diizinkan untuk pulang pada Kamis (26/3/2020) siang.

Direktur Utama RSUD Pare Kabupaten Kediri dr Ibnu Gunawan mengatakan, sebelum diizinkan pulang pihaknya terlebih dahulu melakukan upaya test ulang kepada yang bersangkutan dan ternyata hasilnya didapat negatif. Tidak hanya itu, tim medis juga sudah melakukan cek parameter kesehatan lainnya dan hasilnya diketahui sepenuhnya bagus.

“Sesuai protokol kami, bersangkutan sudah  dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Sebelumnya sudah  kita cek sesuai parameter kesehatan,” ujar Ibnu Gunawan, Jumat (27/3/2020).

Ia menganjurkan kepada pasien, setelah pulang agar sementara waktu ini melakukan isolasi mandiri dirumah, sambil tetap mengonsumsi obat yang diberikan oleh rumah sakit. Setelah obat habis, nantinya pasien tetap disarankan kontrol di rumah sakit terdekat.

Ibnu Gunawan menambahkan, hal yang melatarbelakangi pasien bisa sembuh dari Covid-19 dikarenakan beberapa faktor, diantaranya imunitas pasien kian hari semakin  membaik karena ditunjang pemberian obat-obatan yang diberikan oleh tim medis.

Disamping itu, ada dorongan psikologis bagi pasien agar tetap semangat dalam menjalani perawatan medis.

“Pengobatan dari imunitas diri sendiri yang dibangkitkan oleh dukungan obat-obatan dari rumah sakit. Kemudian rasa gembira dan kerjasama saling menyemangati antara pasien dengan tenaga perawat atau tenaga dokter saling melengkapi,” bebernya.

Ia berharap dengan kabar baik ini bisa meyakinkan masyarakat jika Covid-19 bisa disembuhkan, dengan syarat harus secepatnya dibawa ke rumah sakit agar dapat ditangani secara langsung oleh tim medis.

“Ini memberikan harapan baru, bagi orang yang memiliki kadar imun baik. Biasanya pasien meninggal dengan resiko adanya penyakit peserta yang memberatkan seperti diabetes, hipertensi, mantan stroke dan gangguan saraf lainnya,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, pasien asal Blitar ini dirujuk ke RSUD Pare pada 21 Maret 2020 dan diizinkan pulang pada 26 Maret 2020.

RSUD Pare sendiri telah melakukan perawatan terhadap 3 pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Satu diantaranya meninggal dunia yang merupakan pasien rujukan dari rumah sakit lain. Satu pasien dinyatakan sudah sembuh dan diizinkan pulang kemarin.

Sementara satu pasien lainnya masih dalam penanganan tim medis, namun kondisi kesehatannya dikabarkan terus membaik, seperti halnya pasien asal Blitar. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.