Relawan Pendamping Anak Penyandang Disabilitas Kediri

Yovie Wicaksono - 5 November 2019
Sosialisasi perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebagai upaya pendampingan sekaligus pemenuhan hak bagi anak penyandang disabilitas, sejumlah warga di Kota Kediri berlomba menawarkan diri sebagai relawan secara sukarela.

Jumlah relawan saat ini sekitar 46 orang yang berasal dari perwakilan masing masing kelurahan di Kota Kediri.

“Perkiraan sudah ada 46 kader relawan, perwakilan dari masing masing kelurahan yang siap membantu,” ujar Kasi Kelembagaan dan Pemenuhan Hak Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Kediri, Nur Wati, Selasa (5/11/2019).

Ia menilai, jika selama ini pendampingan hanya diberikan kepada anak non disabilitas saja, maka pihaknya mengusulkan untuk segera dibentuk relawan Perlindungan Anak Terpadu berbasis masyarakat, anak berkebutuhan khusus.

Nur Wati mengatakan, dirinya tidak tahu secara persis jumlah anak berkebutuhan khusus yang ada di Kota Kediri saat ini, karena para relawan masih menjaring dan mengumpulkan data dilapangan. Jumlah penyandang disabilitas di wilayah Kota Kediri saat ini kurang lebih antara 300 orang.

Peran dan tugas para relawan ini diantaranya melakukan assessment kebutuhan layanan anak disabilitas sesuai UU 35 Tahun 2014 antara lain hak hidup, hak tumbuh kembang, hak partisipasi dan hak perlindungan.

“Ini saja baru dibentuk, nanti para relawan yang ada di masing-masing kelurahan akan bertugas untuk mendata mereka,” ujarnya.

Puluhan relawan perwakilan dari masing-masing kelurahan ini kemudian diundang berkumpul untuk mengikuti kegiatan sosialisasi perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.