PW Lesbumi NU Jatim Gelar Festival Sunan 2019

Yovie Wicaksono - 28 December 2019
Pengunjung sedang melihat salah satu karya lukisan dalam Festival Sunan 2019, Sabtu (28/12/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur resmi membuka Festival Sunan 2019 yang bertajuk “Sambung Rasa Ngrumat Budaya” di Kantor PWNU Jatim, Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

Peresmian tersebut dilakukan oleh Pengurus PWNU Jatim Ahsanul Haq bersama Ketua Panitia Bib Nasar dan Ketua PW Lesbumi NU Jatim Nonot Sukrasmono.

“Festival ini mengambil dari sejarah para Sunan yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, salah satunya melalui seni dan budaya, tanpa sedikitpun ada kekerasan maupun paksaan,” ujar Ahsanul dalam sambutannya.

“Apa yang dilakukan Lesbumi kali ini merupakan napak tilas dari yang dulu diajarkan para Wali dan Sunan dalam menyebarkan agama Islam,” lanjutnya.

Sementara itu, Nonot mengatakan, festival ini merupakan kewajiban bagi para pengurus PW Lesbumi NU Jawa Timur untuk merangkul, melindungi dan melestarikan kesenian-kesenian yang ada di Jatim.

Melalui festival tersebut, pihaknya ingin menyambung rasa (sambung roso), mengingatkan jati diri sebagai orang Jawa, sebagai bangsa Indonesia untuk guyub bersama menjaga dan melestarikan seni tradisi yang ada, khususnya di Jawa Timur.

“Melestarikan kesenian ini tidak seperti mengembalikan tangan, perlu memberikan pemahaman, pengertian, bagaimana pengembangan seni yang memiliki nilai religius di Jawa Timur,” ujarnya.

Festival ini diselenggarakan pada 28 – 30 Desember 2019 dengan menghadirkan pameran keris, pameran lukisan, sarasehan, musikalisasi puisi, diskusi sastra dan seni rupa, pertunjukan wayang wolak walik, pertunjukan teater dan musik, serta orasi budaya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.