Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita atas Wafatnya Tjahjo Kumolo

Yovie Wicaksono - 1 July 2022

SR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbelasungkawa dan menyampaikan dukacita atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7/2022), pukul 11.10 WIB.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita, Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB, hari ini Jumat, 1 Juli 2022, pukul 11.10 di Jakarta,” ujar Presiden Jokowi di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab.

Presiden Jokowi mengenang almarhum Tjahjo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana. Menurut Presiden, Tjahjo juga merupakan seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati.

“Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.

Di akhir pernyataannya, Kepala Negara pun mengucapkan doa untuk almarhum Tjahjo Kumolo beserta keluarga yang ditinggalkannya.

“Semoga almarhum Pak Tjahjo Kumolo mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin ya robbal alamin,” tandasnya.

Foto : (Kompas.com/Irfan Kamil)

Sekadar informasi, Menteri Tjahjo meninggal karena mengalami komplikasi penyakit dan telah dirawat secara intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta selama seminggu lebih.

Jenazah Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada sore tadi dan sebelumnya sempat disemayamkan di Gedung Kemenpan RB, serta upacara pelepasan jenazahnya dipimpin oleh Menkopolhukam Mahfud MD. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.