Pramuka Bantu Pemudik di Terminal Purabaya

Yovie Wicaksono - 3 June 2019
Salah satu anggota Pramuka sedang mengarahkan pemudik di Terminal Purabaya, Senin (3/6/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Sidoarjo – Selain petugas pengamanan dari Dinas Perhubungan, Polri, TNI, dan jajaran samping. Puluhan anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Waru Sidoarjo serta Saka Taruna Bumi Surabaya nampak membantu para pemudik di Terminal Purabaya, Senin (3/6/2019).

Mereka terlihat di beberapa titik di Terminal Purabaya, mulai dari tangga dan eskalator terminal, hingga pintu masuk dan pintu keluar terminal.

Pamong Saka Bhayangkara Polsek Waru Sidoarjo, Saesar (29) mengatakan, anggota Pramuka dilibatkan untuk membantu mengarahkan para pemudik, mengantarkan, hingga membawakan barang bawaan. Hal ini merupakan bentuk aplikasi dari bakti masyarakat.

“Disini kami bertugas sejak Selasa (28/5/2019) hingga Selasa (4/6/2019). Sekitar 21 anggota dibagi menjadi dua shift, yang pertama mulai 07.00 – 14.00, lalu berikutnya 14.00-19.30 WIB,” ujar pria yang telah menjadi pamong sejak dua tahun lalu ini.

Salah satu anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Waru Sidoarjo yang bertugas, Karisma (17) mengaku sengaja mengisi waktu liburannya untuk lebih dekat dengan masyarakat melalui kegiatan Pramuka Peduli ini.

“Untuk mengisi liburan kali ini memang sengaja menawarkan diri untuk membantu masyarakat yang akan mudik, sekaligus menambah pengalaman,” ujar siswi SMK Antartika Sidoarjo ini.

Karisma mengatakan, tahun ini adalah kali ketiga dirinya bertugas di Terminal Purabaya.

“Yang pertama itu waktu lebaran tahun lalu, terus waktu tahun baru, dan kali ini yang ketiga kalinya bertugas disini,” imbuhnya.

Selain dari Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Waru Sidoarjo, 20 orang anggota Pramuka Saka Taruna Bumi Surabaya juga turut membantu masyarakat di Terminal Purabaya sejak Kamis (30/5/2019) hingga Selasa (4/6/2019).

Salah satu anggota Pramuka Saka Taruna Bumi Surabaya Surrnia Maulidah Azzahra (17) mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk bakti seorang Pramuka kepada masyarakat.

“Sebagai seorang Pramuka sendiri kan harus bakti masyarakat, salah satu bentuknya ya Pramuka Peduli ini,” ujar siswi yang juga pernah bertugas di Stasiun Pasar Turi Surabaya ini.

Baginya, rasa lelah selama bertugas terbayar sudah dengan senyuman masyarakat yang merasa terbantu dengan hadirnya petugas Pramuka. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.