Peringatan Hari Batik di Ankara

Yovie Wicaksono - 4 October 2019
Diplomasi Kuliner dan Batik di Ankara, Kamis (3/10/2019) waktu setempat. Foto : (Istimewa)

SR, Ankara – Dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Ankara bekerjasama dengan KBRI Ankara menggelar Diplomasi Kuliner dan Batik di Ankara, Kamis (3/10/2019) waktu setempat.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh komunitas wanita internasional di Ankara tersebut, selain menghadirkan Chef Celebrity, Vania Wibisono, untuk melakukan demo masak, DWP juga membuat Batik Display dengan menampilkan puluhan koleksi batik tulis dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara yang mengusung semangat “Good Food, Good Fashion: Indonesian Great Tradition” tersebut mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari komunitas wanita internasional yang hadir.

“Meskipun saya sudah sembilan kali ke Indonesia, saya selalu menemukan hal baru dari tradisi kalian, termasuk apa yang saya lihat hari ini. Beruntunglah kalian memiliki tradisi yang besar. Terima kasih sudah mengundang saya ke acara ini,” ujar Guru Besar Ilmu Kedokteran  Universitas Ankara, Prof. Yesim Aytur, yang sudah 9 kali mengunjungi berbagai situs menyelam (diving) di berbagai daerah di Indonesia bersama suaminya.

Dalam demo memasak, Chef Vania Wibisono, mendemonstrasikan cara memasak rendang, opor ayam, tahu isi dan tempe orek.  Selain belajar cara memasak dan mengetahui cita rasa dari setiap bumbu yang digunakan, para peserta juga berkesempatan menikmati makan siang dengan masakan Indonesia yang disiapkan oleh Chef Vania.

“Industri kuliner dan fashion di Turki sangat maju. Sayangnya kuliner dan fashion Asia secara umum, termasuk Indonesia, belum populer. Di Ankara saja restaurant Asia tidak lebih dari 4. Dengan kegiatan ini kita harapkan di masa mendatang akan semakin banyak produk kuliner dan fashion Indonesia yang dikenal dan semakin banyak ambil peran dalam pertumbuhan industri kuliner dan fashion di Turki,” terang Ketua DWP KBRI Ankara, Sinta Agathia. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.